Pengurus Karang Taruna Desa Saotengnga Periode 2021-2024 Dilantik

  • Whatsapp
anshar arief
Kepala Desa Saotengga, Anshar Arief (foto dok)

Kepala Desa Saotengnga,” Diharapkan Karang Taruna Menjadi Organisasi Pemuda Penggerak Pembangunan Di Desa”.

Pembelanews.com, Sinjai – Kepala Desa Saotengnga, Anshar Arief melantik Pengurus Karang Taruna Desa Saotengnga perode 2021-2024, Rabu (07/04/2021) bertempat di aula Kantor Desa Saotegnga, Kecamatan Sinjai Tengah, Kabupaten Sinjai.

Bacaan Lainnya

Pembela News Pengurus Karang Taruna Desa Saotengnga Periode 2021-2024 Dilantik
Para Pengurus Karang Taruna Desa Saotengnga, saat dilantik olerh Kepala Desa Saotengnga,Anshar Arief (foto dok)

Dalam sambutan singkatnya, Anshar Arief berharap, setelah saudara-saudara dilantik , agar menjadikan  Karang Taruna harus menjadi organisasi pemuda terdepan sekaligus motor penggerak pembangunan di desa. Sebab menurutnya, karang taruna adalah satu-satunya organisasi sosial pemuda yang memikiki struktur hingga desa.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama, lanjut Anshar Arief, tujuan dibentuk Karang Taruna sampai tingkat desa/kelurahan adalah agar siap menjadi organisasi pemuda terdepan atau pelopor pembangunan di wilayah administratif paling kecil

Pembela News Pengurus Karang Taruna Desa Saotengnga Periode 2021-2024 Dilantik
Penandatanganan Berita Acara Pelantikan oleh Kepala Desa Saotengnga (foto dok)

Dia menambahkan, Karang Taruna sebagai tempat berhimpunnya para pemuda senantiasa meningkatkan dan menguatkan fungsi kelembagaan dan perannya dalam masyarakat, serta diharapkan mampu menjaga nilai-nilai kearifan lokal yang dimiliki dan menjadi sentral untuk mempercepat pembangunan.

“Saya juga berharap, Karang Taruna harus mampu menunjukan perannya dan tegas memposisikan dirinya, dimana Karang Taruna harus tampil sebagai mediator dan fasilitator untuk membawa aspirasi pemuda kepada pemerintah sekaligus menjadi mitra pemerintahan desa dalam menjalankan berbagai program pembangunan, terutama dalam hal pengentasan kesenjangan sosial masyarakat,” tandasnya.

Pembela News Pengurus Karang Taruna Desa Saotengnga Periode 2021-2024 Dilantik
Penyerahan Bendera Pataka dari Kepala Desa Saotengnga kepada Ketua Karang Taruna Desa Saotengnga (foto dok)

Anshar Arief juga menekankan, Karang Taruna sebagai organisasi pemuda yang dibentuk oleh kepala desa bukanlah pesaing pemerintah desa, tapi tugas karang taruna untuk membantu tugas kepala desa agar apa yang di laksanakan kepala desa itu bisa dijalankan dengan jauh lebih mudah dan lebih ringan.

Sebelumnya, Ketua Karang Taruna Desa Saotengnga, Yusran Sabri, SE dalam pengantarnya antara lain menekankan kepada anggotanya, untuk menjaga kekompakan dalam menjalankan kepengurusan yang baru saja dilantik ini. Karena dengan kekompakan dan kebersamaan, Karang Taruna Desa Saotengnga mampu lebih berperan  dalam menjabarkan program kerjanyanya.

Pembela News Pengurus Karang Taruna Desa Saotengnga Periode 2021-2024 Dilantik

Pada kesempatan itu, yang mewakili Kepala Dinas Sosial Sinjai turut berharap agar Karang Taruna Desa Saotengnga turut membantu pemerintah bagaimana supaya menjadi pemuda yang produktif,dengan kata lain bagaimana menjalankan program yang bisa mensejahterahan masyarakat, seperti meningkatkan usaha ekonomi yang bisa membantu kehidupan masyarakat.

Acara pembukaan ditandai denga tari paduppa yang diperagakan masing-masing Irma, Hariah dan Naya yang dirangkai dengan persembahan Pangosong oleh Ahmad.

Pengurus Karang Taruna Desa Saotengnga yang dilantik antara lain berdasarkan Surat Keputusan Kepala Desa Saotengnga Nomor 18 Tahun 2021 tanggal 6 April 2021, Ketua Yusran Sabri, SE, Wakil Ketua, A.Awaluddin,SE, Sekertaris Chairil Anwar,S.Sos, Wakil Sekertaris Hasmilati,Bendahara Akbar dan Wakil Bendahara, Tenri Aje,S.Pd.

Pembela News Pengurus Karang Taruna Desa Saotengnga Periode 2021-2024 Dilantik
Tari Paduppa mewarnai acara pembukaan Pelantikan Pengurus Karang Taruna Desa Saotenngnga (foto dok)

Kepengurusan tersebut dibantu beberapa Bidang yakni, Bidang Pengembanga Organisasi (kordinatornya Sulaiman Syam,S.Pd), Bidang Pengembangan Usaha dan Ekonomi Kreatif (kordinatornya Jusfianto,S.Pd), Bidang Pemberdayaan sosial dan kemitraan (kordinatornya Rizal,S.Pd), Bidang Penanggungkangan Bencana (kortdinatornya Dwiyansyah Sapanang), Bidang Pendidikan dan Kesehatan (Kordiantornya Nur Rezki Amaliah, Amd.Keb), dan Bidang Olahraga, Seni dan Budaya (kordinatornya A.Nining Suryaningrath,S.Pd).

Hadir pada kesempatan itu, antara lain, Kepala Puskesmas Manimpahoi, Sekertaris dan Koti PAC Pemuda Pancasila Sinjai Tengah, aparat Desa Saotengnga, unsur pimpinan dan anggota BPD Saotengnga, Kepala Dusun se Desa Saotengnga, Ketua Penggerak PKK  Desa Saotengnga, dan tokoh masyarakat.(Pblnews/man).


Pos terkait