Serentak Aparat Desa Saotengnga Divaksin Tahap Dua

  • Whatsapp
kades saotengnga
Kepala Desa Saotengnga, Anshar Arief saat divaksin oleh petugas kesehatan Puskesmas Manimpahoi (foto dk)

Pembelanews.com, Sinjai – Pelaksanaan vaksinasi covid 19 tahap dua ( pelayan publik) Selasa (06/04/2021) bertempat di aula Kantor Desa Saotengnga dengan menyasar  kepala desa dan perangkatnya sampai level RT,BPD dan anggotanya serta kader kesehatan ( kader posyandu,kader lansia dan kader posbindu)

Menurut Kepala Desa Saotengnga, Anshar Arief,, program ini bagian dari akselerasi pelaksanaan vaksinasi mulai dari aparat desa hingga ke level paling bawah yakni RT/RW.

Sementara Kepala Puskesmas Manimpahoi, Muh.Kaswin menjelaskan, kami dari puskesmas ada tim vaksinator yg terbentuk berdasarkan juknis yang ada yakni keputusan Dirjen P2P Kementerian Kesehatan nomor 423 tahun 202,” ungkap Kaswin seraya menambahkan, inilah yang kami kemas pelaksanaannya di desa dalam rangka mendekatkan pelayanan (pos vaksinasi di desa).

Pembela News Serentak Aparat Desa Saotengnga Divaksin Tahap Dua
Sebelum divaksin, harus melalui fase scraning terlebih dahulu (fot dok)

Dia menambahkan,  ini bagian dari petunjuk Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai,dengan harapan tentu sasaran yang sudah terdata agar semuanya dapat mendapatkan vaksinasi dengan catatan telah melewati fase scrining dan dinyatakan dapat diberikan vaksin.

Kalau ada masalah kesehatan yang didapatkan, lanjutnya,  maka pemberian vaksinasinya ditunda atau tidak diberikan.

Lebih jauh Muh.Kaswin menekankan, tentunya harapan bersama dengan pelaksanaan vaksinasi ini secara serenta mulai dari atas hingga ke bawah seperti yang tertuang di Permenkes Nomor 28 tahun 2020, Insya Allah kedepannya rantai-rantai penularan covid-19 dapat diputus, kematian da angka kesakitan.

“Covid-19 dapat ditekan kalau di kelompok masyarakat sudah terbentuk kekebalan, sehingga masyarakat kuat dapat terlindungi dari covid-19 yang ujung-ujungnya kita dapat produktif lagi baik secara sosial dan ekonomi,” tandas Muh.Kaswin.

Bacaan Lainnya

vaksin
Sebelum vaksinasi, dilakukan fase scrining oleh petugas kesehatan, dan jika dinyatakan kondisi sehat, dapat dilakukan vaksinasi (foto dok)

Adapun format laporan manual UPTD Puskesmas Manimpahoi 06/4/2021.
Dosis I Aparat Desa Scrining baru : 82 org Scrining Ulang 1. dari ST. Tunda : 0 2. dari ST. Tdk d beri: 0 Divaksin : 72 (Lansia 12 org) ditunda : 10 Tidak diberikan : 0 Dosis II Scrining baru : 0 Scrining Ulang : 1.dari ST Tunda: 0 2.dari ST Tdk diberi: 0 Divaksin : 0 Ditunda : 0 Tidak diberikan : 0 (Pblnews/man).

Pos terkait