Strategi Pemkab Sinjai Dalam Pemulihan Ekonomi Di Masa Pandemi Covid-19

  • Whatsapp
Bupati Sinjai
Bupati Sinjai, Andi Seto Ghadista Asapa (foto dok)

Editor : Nurzaman Razaq

Pembelanews.com, Sinjai  – Merespons pandemi Covid-19, Pemerintajh Kabupaten (Pemkab) Sinjai  memprioritaskan penanganan di sektor kesehatan dengan menerapkan pembatasan sosial secara luas. Hal tersebut turut berdampak pada sektor sosial, ekonomi dan kesehatan.

Secara sosial, aktivitas masyarakat terhenti, termasuk aktivitas ekonomi yang menyerap tenaga kerja, terutama sektor informal. Hal ini berdampak, antara lain pada terjadinya pemutusan hubungan kerja (PHK) dan meningkatnya pengangguran.Selain itu, kinerja ekonomi menurun karena aktivitas ekonomi terhambat, seperti konsumsi, investasi, maupun ekspor-impor. Penurunan kinerja di sektor riil ini kemudian juga mengganggu kinerja sektor keuangan

Bacaan Lainnya

Pembela News Strategi Pemkab Sinjai Dalam Pemulihan Ekonomi Di Masa Pandemi Covid-19
Bupati Sinjai, Andi Seto Ghadista Asapa berharap kepada Pengurus DPD KNPI Sinjai yang baru saja dilantik menjadi tauladan di Masyarakat Tampil Menerapkan Protokol Kesehatan (foto dok)

.
Dari kacamata ekonomi, tindakan Pemkab Sinjai  memberikan perlindungan sosial dilaksanakan sekaligus untuk memulihkan ekonomi. Hal ini mengikuti logika bahwa ekonomi akan bergerak karena adanya dua kekuatan, yakni permintaan dan penawaran, antara konsumsi dan produksi.

Perlindungan sosial terhadap masyarakat miskin dan rentan miskin dilakukan dengan mengaktifkan program Jaring Pengaman Sosial. Sedangkan perlindungan terhadap dunia usaha dijalankan dengan memberikan insentif usaha; dukungan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM); pembiayaan korporasi; dan bantuan sektoral.


Selama pandemi, dua sisi tersebut terpukul karena adanya kebijakan pembatasan sosial yang berdampak pada berhentinya aktivitas ekonomi dan menurunnya kinerja ekonomi. Oleh karena itu, Pemkab Snjai  menyiapkan program pemulihan ekonomi nasional yang menyasar sekaligus sisi produksi dan konsumsi.

Bupati Sinjai, Andi Seto Ghadista Asapa melalui program pemulihan ekonomi nasional ini yang difokuskan  untuk memulihkan ekonomi masarakatna dengan dua cara, yakni melindungi masyarakat miskin dan rentan miskin serta mendukung dunia usaha agar tidak semakin terpuruk.

Pembela News Strategi Pemkab Sinjai Dalam Pemulihan Ekonomi Di Masa Pandemi Covid-19
Mengawal Usulan Masyarakat Sinjai di Musrembang Tingkat Provinsi Sulsel, Kamis (08/04/2021) di Claro Hotel, Makassar (foto dok)

Oleh karena itu, selain memprioritaskan kesehatan dan keselamatan masyarakat, Bupati Sinjai  telah merancang kebijakan untuk memulihkan ekonomi daerahnya melalui strategi  memerangi dampak Covid-19 ini secara konkret dari porsi perencanaan anggaran belanja pemerintah daerah.

3 SEKTOR JADI PERHATIAN PEMKKAB.

Langkah percepatan yang dilakukan Bupati Sinjai dalam penanganan pemulihan ekonomi di daerahnya yakni dengan melakukan sinergisitas dalam upaya mendorong pemulihan ekonomi nasional yang menurut  Bupati Sinjai perlunya saling membutuhkan kerjasama semua pihak tanpa terkecuali.

Selama masa pandemi masih melandai, terlihat da tiga sektor yang Bupati Sinjai menilai harus jalan beriringan, yakni ekonomi, kesehatan dan sosial. ketiga sektor itu, dalam berbagai kesempatan Bupati Sinjai berharap harus berjalan selaras. Apalagi di tengah kondisi pandemi. Penanganan covid-19 di Sinjai pun harus konsisten dikolaborasikan dengan stakholder yang ada hingga pedesaan.

FOKUS PADA 8 ISU

Sebelumnya, Pemerintah Pusat dalam pemulihan ekonomi dampak covid-19 berfokus pada 8 isu. Antara lain, ketahanan pangan, perikanan dan kelautan, padat karya tunai, pariwisata, Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan Usaha Kecil Menengah (UKM).

Pembela News Strategi Pemkab Sinjai Dalam Pemulihan Ekonomi Di Masa Pandemi Covid-19
Bupati Sinjai, Andi Seto Ghadsta Asapa memberi santunan kepada keluarga korban nelayan yag terhempas badai seroja di NTT, beberapa waktu lalu (fto dok)

Dalam menyikapinya, Bupati Sinjai berharap  kedelapan poin isu yang ada dalam instruksi Mendagri tentu  harus menjadi fokus perhatian pemerintah daerah dalam rangka pemulihan ekonomi.  

Agar efektivitas pemulihan ini dapat berjalan baik, tampaknya Pemkab Sinjai berfokus kepada  sektor – sektor yang disebutkan itu,  karena saling berkaitan yang muaranya pada peningkatan daya beli.

Berbicara ketahanan pangan, Bupati Sinjai berupaya  upaya untuk tidak saja sekedar menjamin ketersediaan pangan, tetapi juga kestabilan. Selanjutnya, agar daya beli masyarakat menguat, harus ada proyek – proyek padat karya tunai.

STRATEGI KEBIJAKAN PULIHKAN PEN

Dampak pandemi Covid-19 terhadap perekonomian nasional dan global sangat terasa pada triwulan II tahun 2020. Triwulan I tahun 2020, ekonomi nasional masih tumbuh 2,97%, walau turun dibandingkan dengan triwulan I tahun 2019 yang sebesar 5,07.  Hal ini terjadi karena pengaruh eksternal di mana Covid-19 sudah merebak di beberapa negara seperti Cina.

Pembela News Strategi Pemkab Sinjai Dalam Pemulihan Ekonomi Di Masa Pandemi Covid-19

Sebagai langkah strategi dalam hal pemulihan ekonomi nasioanal, Pemkab Sinjai  senantiasa memandang perlu semakin optimis untuk melaksanakan kebijakan-kebijakan pemulihan ekonomi nasional secara konsisten, dan membangun kerjasama dari seluruh komponen.

Pemkab Sinjai  mengambil menempuh langkah kebijakan pemulihan ekonomi yang holistic. Pelaksanaan kebijakan tersebut  didukung oleh stakholder / OPD, dimana Pemkab  mempunyai peran strategis dalam mendorong percepatan dan efektivitas pemulihan ekonomi nasional di Kabupaten Sinjai.

Bupati Sinjai  memahami struktur ekonomi daerah, demografi, dan kondisi sosial ekonomi masyarakatnya. Di samping itu, kebijakan APBD  disinergikan untuk mendorong percepatan pemulihan ekonomi di Sinjai.

Dengan demikian, Bupati Sinjai juga mengajak seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemkab Sinjai turun tangan dalam mencegah penu virus corona (Covid-19).


Ajakan tersebut disampaikan saat rapat Pembagian Tugas dalam tahapan penanganan Covid-19 di Ruang Rapat Rumah Jabatan Bupati Sinjai, Sabtu malam (11/4/20).

Seperti diketahui,  selain realokasi anggaran untuk penanganan covid-19, juga tengah melakukan refocusing anggaran, ini dilakukan karena adanya instruksi Mendagri Nomor 1 Tahun 2020 Tentang Pencegahan Penyebaran dan Percepatan Penanganan COVID-19 di Lingkungan Pemerintah Daerah. 

Pemkab Sinjai saat ini berkonsentrasi penuh pada lima tahapan penanganan virus corona, yaitu tahapan pencegahan, tahap penanganan, pasca covid-19, bantuan stimulan kepada pelaku UKM yang terdampak serta pemenuhan jaring pengaman sosial.

Pembela News Strategi Pemkab Sinjai Dalam Pemulihan Ekonomi Di Masa Pandemi Covid-19
Penanaman jangung hibrida di atas tanah seluas 5 ha milik Pemkab Sinjai di Tanassang, Sabtu (10/04/2021) – foto dok

Andi Seto juga mengingatkan semua pihak untuk tetap mengikuti prosedur penanganan yang sudah ditetapkan, serta gencar mensosialisasikannya ke masyarakat luas sehingga masyarakat menjadi paham dan mengerti cara penanganan dan mengantisipasi penyebaran Covid-19

Seyogyanya langkah kebijakan dan strategi yang ditempuh Bupati Sinjai dalam penangan pencegahan penularan covid-19 dan  pemulihan ekonomi di Sinjai, disambut dengan positif oleh masyarakat dengan mematuhi segala ketentuan dalam penerapan protokl kesehatan dan  pelaku usaha dengan menggerakkan usahanya secara baik.(pembelanews.com).

Pos terkait