Bila (kah) Pilkada Serentak 2024,Berpotensi Genjot Perekonomian Di Sulsel

Editor:Nurzaman Razaq (foto ist)

MAKASSAR,PEMBELANEWS.COM – Sulawesi Selatan akan menghelat Pilkada Gubernur dan Bupati/Walikota Serentak pada 2024, 27 November mendatang.

Dari perhelatan politik itu, apakah Pilkada Serentak berpotensi menjadi lokomotif perekonomian di Sulsel?

Tentunya yang diharapkan adalah, Pilkada Serentak 2024 di Sulsel mampu menjadi motot penggetak ekonomi di Sulsel, disamping kemampuan semua pihak menjaga situasi politik yang kondusif agar investasi tetap bertumbuh serta kemanan dan kenyamanan masyarakat terjaga dan damai.

Semoga saja aktifitas politik lima tahunan ini, mampu  mempengaruhi dinamika perekonomian nasional, seperti yang terjadi pada saat pemilihan presiden dan wakil presiden dan pemilihan legislatif pada 14 februari lalu.

Penyelenggaraan Pilkada 2024 dinilai memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan perekonomian nasional. Hal itu disampaikan oleh Peneliti Ahli Utama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Syahrir Ika. 

“Pilkada ini aktivitas yang dibiayai APBN. Artinya ada stimulus dari konsumsi pemerintah ke rakyat,” kata Syahrir dalam wawancara bersama Pro3 RRI, Senin (7/10/2024). 

Kalau dicermati, dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi khususnya di Sulawesi Selatan terkait perhelatan Pilkada serentak ini, adalah dari factor belanja dari para calon akan  menjadi keuntungan bagi masyarakat yang terlibat dalam kegiatan tersebut.Hal ini akan meningkatkan konsumsi masyarakat di daerah-daerah yang terlibat Pilkada 2024.

Disamping itu pula, dapat disebutkan bahwa pertumbuhan ekonomi didorong oleh faktor-faktor seperti konsumsi, investasi, dan belanja pemerintah. Investasi di satu daerah bisa membawa dampak ke daerah lain, tergantung pada koneksi ekonomi antar wilayah.

Kita pun berharap, kegiatan Pilkada di Sulse semoga dapat mempengaruhi dalam investasi, terutama bagi investor yang tertarik pada daerah yang stabil secara politik.

Hal ini menunjukkan bahwa Pilkada bukan hanya mempengaruhi konsumsi, tetapi juga meningkatkan peluang investasi berbagai sektor

Namun yang pastinya, fakta menujukkan bahwa  pengaruh kegiatan Pemilu maupun Pilkada 2024 terhadap sektor ekonomi, ternyata sangat signifikan. Meski hal itu hanya berlangsung singkat dikarenakan berpengaruh hanya pada peningkatan di periode kuartal berjalan dan cenderung turun sebelum dan pasca Pilkada

Perlu ada kebijakan jangka menengah dan panjang yang tepat agar aktivitas dan pertumbuhan ekonomi khususnya di Sulsel terus terjaga positif dan stabil tinggi secara berkesinambungan.(pembelanews.com )