Daerah  

BumDes Makalebata Desa Saotengnga, Usai Gelar Musdes Lpj TA 2023

SINJAI,PEMBELANEW.COM – Pengurus Badan  Usaha Milik Desa (BumDes) Makalebata Desa Saotengnga, usai menggelar Musyawarah Desa (Musdes)  terkait Laporan Pertanggugjawaban Tahun Anggaran 2023, Rabu (24/04/2024) bertempat di aula Kantor Desa Saotengnga, Kecamatan Sinjai Tengah, Kabupaten Sinjai.

Musdes yang dibuka secara resmi Kepala Desa Saotengnga, Andi Mappima Noma,S.Pd, turut dihadiri Fitria Khorina Rodhy,S.Ip ,Kabid Ekonomi Pembangunan SDA dan TTG  Dinas PMD Sinjai, Sekertaris Camat Sinjai Tengah, Hermawati,ST,  Direktur BumDes Makalebata, Andi  Besse Kurnia,S.pd, Ketua BPD Saotengnga, Sudiman Waris.

Kepala Desa Saotengnga dalam sambutannya  antara lain menyampaikan apresiasinya terhadap perkembangan BUMDes Makalebata. Apalagi saat ini BUMDes Makalebata mulai mengembangkan usahanya melalui beberapa unit usahanya.

“Kita berharap BumDes Makalebata kedepannya mampu lebih berperan sebagaimana fungsi, peran dan tanggungjawabnya sebagai lembaga ekonomi dan kesejahteraan rakyat,” tandasnya.

Pada kesempatan yang sama, Sekertaris Camat, Hermawati,ST yang mewakili Camat Sinjai Tengah lebih menekankan pentingnya BumDes Makalebata berperan sebagai pendukung kegiatan usaha dan perekonomian masyarakat desa melalui fasilitasi kegiatan ekonomi produktif desa.

Pada bagian lain, Fitria Khorina Rodhy,S.Ip  yang mewakili Kepala Dinas PMD Sinjai, menyampaikan pentingnya rapat anggotasebagai bagan dalam penyampaian Laporan Pertanggungjawaban, yang  mempunyai peranan penting dalam menentukan maju atau mundurnya tata kelola BumDes, karena rapat anggota membahas persoalan yang timbul dalam kegiatan BumDes yang kemudian akan dicari jalan cara penyelesaiannya untuk mengatasi persoalan dalam menyusun program selanjutnya.

“BumDes Makalebata terbilang BumDes yang rutin menggelar masyawarah desa terkait Laporan Pertanggungjawaban pengelolaan BumDes di Sinjai, dibanding beberapa BumDes lainnya di Sinjai, ada yang sama sekali belum melaksanakan RAT, ada yang dua tahun baru melaksanakan RAT,” ungkap Fitria Korina Rodhy.

Pada pelaksanaan Musdes tersebut, dilanjutkan pemaparan Lpj tahun 2023 oleh Direktur BumDes Makalebata,And Besse Kurnia,S.pd didampingi masing-masing Sekertarisnya, Makmur, Bendahara, Ummu Kalsum A.Rul Ama, Kepala Unit Usaha Permodalan,Ria, Kepala Unit Usaha Sosial Andi Ihsan,serta Badan Pengawas BumDes Makalebata, Makmur,S.pd.

Sekedar diketahui, BumDes Makalebata Desa Saotengnga kini mengembang usahanya melalui Unit usaha Permodalan, Unit Usaha Bersama, Unit Usaha Sosial, dan Unit Usaha Penyewaan serta Usaha BumDes Mart melalui Unit usaha Perdagangan.

Untuk tahun anggaran 2023, BumDes Makalebata  meraih PAD sebesar Rp3.174.644 dibanding tahun anggaran sebelumnya hanya mencapai kurang lebih Rp 2 juta.

Sebelum acara ditutup secara resmi oleh Kepala Desa Saotengnga, sesi tanya jawab dan tanggapan oleh para peserta rapat, terkait hasil pemaparan Lpj 2023 yang dipandu oleh Muh.Akbar selaku Pendamping Desa.

Acara diakhir dengan penandatangan Berita Acara pengesahan Lpj 2023 dan penyerahan PAD yang diwakili Bendahara BumDes Makalebata kepada Kepala Desa Saotengnga.(Man)