Daerah  

Digelar Musyawarah Penetapan APBD Perubahan 2024 Di Desa Baru

(foto dok,websitedesabaru)

SINJAI,PEMBELANEWS.COM – salah satu tugas Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yakni, membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa bersama Kepala Desa sebagaimana dimaksud dalam Permendagri No.110/2026 Tentang Tugas BPD.

Sehububgan dengan tugas itu, BPD Baru bersama Pemerintah Desa (Pemdes) Baru usai menggelar Musyawarah Penetapan APBD Perubahan 2024, Senin (19/08/2024) bertempat di aula Kantor Desa Baru,Kecamatan Sinjai Tengah, Kabupaten Sinjai.

Turut hadir pada kesempatan itu, selain Kepala Desa Baru,Muchlis,S.Pd.,MM, juga Ketua BPD Baru,Tamsil D bersama anggota, Pendamping Desa Lokal,Akbar, kepala dusun,RT/RW se Desa Baru, tokoh masyarakat dan unsur Tim PKK Desa Baru.

Ketua BPD Desa Baru Tamsil D, pada kesempatan itu menjelaskan,penetapan APBDes tahun 2024 ini merupakan hal yang sangat urgent dalam pengambilan keputusan kita semua. Hal-hal yang kita bahas secara garis besarnya adalah :Penyelenggaraan Pemerintahan Desa,Pembinaan Kemasyarakatan,Sub Bidang Kelembagaan Masyarakat, Bidang Pembangunan Desa,Bidang Pemberdayaan Masyarakat, dan Peningkatan Kapasitas

Turut memberikan arahan, Pendamping Desa, Akbar yang antara lain menekankan, dalam mendorong partisipasi aktif warga desa dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi program-program pembangunan desa. Dengan melibatkan seluruh warga desa,

Menurutnya, musyawarah desa menciptakan kesempatan bagi masyarakat untuk berkontribusi secara nyata dalam pembangunan desa mereka sendiri. Hal ini juga membantu memperkuat rasa kebersamaan dan solidaritas dalam masyarakat desa

Pada kesempatan yang sama, Kepala Desa Baru,Muhlis,S.Pd.,MM antara lain mengatakan, .dengan melakukan proses musyawarah atau perundingan sebelum mengambil kebijakan, dapat membuat masalah lebih mudah diatasi.

Dia menambahkan, ketika bersama-sama mengambil peran dan mengutarakan pendapat atas suatu masalah, akan membuat masalah dapat lebih dipetakan dan dipikirkan solusinya dengan lebih mudah,,” tandasnya.

Karena, lanjutnya, tanpa keterlibatan kita semua dalam pengambilan keputusan dan kebijakan Desa Baru ini tidak akan Maju. “Terima kasih kepada semua yang telah memberikan masukan dan tanggapan kepada kami dan ini tentunya akan berkah untuk masyakarat desa baru,” pungkasnya.(Man)