Ghina Fasya Aulia Arham,Putri Ketua Umum DPP AMJI RI, Raih Sarjana Hukum Di UMI Makassar

Arham berharap kepada putrinya agar melanjutkan pendidikannya untuk magister hukum (S2).

MAKASSAR,PEMBELANEWS.COM – Ghina Fasya Aulia Arham, SH, selama menempuh kuliah di Universitas Muslim Indonesia (UMI) Kota Makassar, ikut aktif sebagai aktivis Amnesty Internasional. Salah satu issue yang pernah ia suarakan secara nasional adalah kebebasan berpendapat dengan meminta pemerintah Indonesia melakukan revisi UU ITE.

Selain itu, Aisha sapaan akrab Fasya, tercatat sebagai peserta Bimtek KPK RI yang berhasil lolos mewakili Sulsel beberapa tahun lalu.

Dari perjalanan pendidikan dan ilmu yang dia dapatkan, akhirnya terbayar lunas dengan menyandang gelar Sarjana Hukum. Ghina Fasya Aulia Arham, SH, lulus di wisuda yang digelar di Claro Hotel, Rabu (1/5/2024).

Seperti diketahui, selama empat hari berturut-turut Universitas Muslim Indonesia (UMI) melakukan wisuda tahap pertama 2024 di Hotel Claro, Jalan A.P Pettarani, Makassar yang berlangsung selama 4 hari sejak 28 April sampai dengan 1 Mei 2024, dan mencetak 3.610 lulusan baru.

Di lokasi wisuda, tampak sang Ayah, Arham MS ikut mendampingi putri pertamanya di wisuda. Rasa bahagia sang Ayah turut menyelimuti menyaksikan atas gelar yang diraih putrinya itu.

Arham MS yang juga Ketua Umum Aliansi Media Jurnalis Independen Republik Indonesia (AMJI-RI) menyampaikan ucapan selamat kepada putrinya atas wisuda sarjana hukumnya. “Manfaatkan ilmunya agar bermanfaat bagi orang banyak,” ucap Arham kepada putrinya di lokasi acara.

Arham berharap kepada putrinya agar melanjutkan pendidikannya untuk magister hukum (S2).  “Aisha boleh lanjut fokus selesaikan S2 atau ikut seleksi ujian Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA),” ujarnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Direktur Perusahaan Industri Obat Herbal itu mengungkapkan jika dirinya sangat memberikan perhatian penuh terhadap pendidikan anak-anaknya.

“Saya memiliki dua orang anak dan keduanya perempuan. Semuanya pun memilih jurusan ilmu hukum, kalau yang di wisuda ini Aisha, kecenderungannya  pada ilmu hukum pidana khususnya pada analisa kasus atau penyelidikan tindak pidana. Lalu yang kedua Fadhia, itu sementara tahap masih kuliah dengan jurusan Hukum Tata Negara,” ungkapnya.

Arham berharap putrinya bisa ambil bagian dalam memajukan Indonesia dengan ilmu yang dipelajarinya.

“Semoga ilmu yang diperoleh dapat diterapkan dan bermanfaat bagi kemajuan masyarakat, bangsa dan negara,” harapnya.

Sejumlah kerabat turut memberikan ucapan selamat kepada putri Ketum AMJI-RI. Komisioner KPU Soppeng dan Komisioner Kota Palopo yang sementara juga berada di Claro turut memberikan ucapan dan doanya.

“Selamat kanda. Semoga ilmu yang diperoleh dapat diberkahi Allah dan dapat menjadi penegak keadilan, bermanfaat untuk orang banyak,” ucap. Irwan Usman Ketua KPU Soppeng.  Selain itu, terlihat juga karangan bunga ucapan selamat dari Kejati Kalimantan Tengah.

Humas AMJI-RI, Faisal Mannan turut menyampaikan ucapan selamat dan sulses kepada Ghina Fasya Aulia Arham, SH lulus di wisuda. “Mewakili segenap keluarga besar AMJI-RI mengucapkan

selamat dan sukses kepada Ghina Fasya Aulia Arham, SH, yang merupakan putri pertama Ketua Umum AMJI-RI, Arham MS. Semoga Fasya dapat menjadi salah seorang penegak hukum sejati di Indonesai yang hanya takut serta tunduk pada Allah SWT,” ucap Humas Faisal.

Hal senada disampaikan pula oleh Ketua DPC AMJI-RI Sinjai, Elang Suganda, mengucapkan,”selamat kepada Ghina Fasya Aulia Arham, SH, semoga sukses kedepannya menjadi penegak hukum yang handal dalam menegakkan keadilan,”ujarnya secara terpisah via pesan WhatsApp. (**).