Kemendikbudristek Bantah Ada Aturan Baru soal Seragam Sekolah

JAKARTA PEMBELANEWS.COM – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menegaskan tidak ada aturan baru mengenai seragam sekolah yang berlaku pada 2024. Aturan mengenai seragam sekolah masih merujuk pada Permendikbudristek No. 50 Tahun 2022. 

“Aturan baru (soal seragam sekolah), itu sama sekali tidak benar. Tidak ada perubahan aturan untuk seragam sekolah,” tegas Dirjen PDM Kemendikbudristek Iwan Syahril dalam program Metro Siang, Metro TV, Rabu 17 April 2024. 

Iwan mengaku heran aturan ini menjadi viral di media sosial. Padahal, aturan ini sudah berlaku sejak 7 September 2022.

“Di artikel itu judulnya aturan baru, tapi ketika dibaca Permendikbudnya tahun 2022. Jadi agak aneh juga,” kata Iwan. 

Sebelumnya, aturan soal seragam siswa di 2024 menuai polemik di kalangan masyarakat dan media sosial. Salah satu yang paling disorot adalah penggunaan pakaian adat sebagai seragam sekolah.

Menanggapi hal tersebut, Iwan Syahril menegaskan, aturan pakaian adat menjadi seragam sekolah bersifat tidak memaksa. Aturan pemakaian pakaian adat lengkap atau dengan modifikasi di sekolah dapat diatur pemerintah daerah (pemda) sesuai kewenangannya karena pembelian seragam maupun pakaian adat ini tidak boleh dipaksakan pada orang tua.

“Bahasa yang kita gunakan ‘dapat’. Jadi artinya ini adalah opsional dari pemerintah daerah untuk kemudian memutuskan,” ujar Iwan. 

Lebih lanjut, Iwan menjelaskan, aturan ini berpegang pada prinsip bahwa pengadaan seragam yang ditetapkan sekolah tidak boleh memberatkan orang tua dan harus memikirkan kemampuan sosial ekonomi orang tua. Hal itu tertuang dalam Pasal 13 Permendikbudristek No 50/2022.

Aturan seragam sekolah 2024

Berikut rincian aturan seragam sekolah menurut Permendikbudristek Nomor 50 Tahun 2022:

  • Pakaian seragam nasional siswa SD dan SDLB adalah atasan kemeja putih dan bawahan celana atau rok merah hati.
  • Pakaian seragam nasional siswa SMP dan SMPLB adalah atasan kemeja putih dan bawahan celana atau rok biru tua.
  • Pakaian seragam nasional siswa SMA, SMALB, SMK, dan SMKLB adalah atasan kemeja putih dan bawahan celana atau rok abu-abu.