Menakar Popularitas Dan Elektabilitas Calon Bupati Sinjai

Elang Suganda bersama Hj Andi Kartini Ottong.(Foto Ist)

Editor:Nurzaman Razaq

SINJAI,PEMBELANEWS.COM – Bangsa ini kembali akan dihadapkan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024. Baik itu pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota di seluruh Indonesia, bahkan tahapan pilkada tersebut sudah dilaunching oleh KPU RI beberapa hari yang lalu. Artinya secara tahapan penyelenggaraan Pilkada serentak 2024 sudah dimulai.

Elang Suganda,Ketua DPC Aliansi Media Jurnalis Independen (AMJI) Kabupaten Sinjai,Selasa (16/07/2024) yang dimintai komentarnya terkait Pilkada Sinjai secara`pribadi menilai, dinamika dan dialektika Pilkada khususnya di Sinjai sudah mulai menghangat,terlebih bermunculan sejumlah calon bupati yang meski belum diketahui pasti asal partai politik yang akan mengusungnya.

Kontestasi Pilkada serentak tahun 2024 akan dilaksanakan pada 27 November mendatang, lanjutnya, menariknya Pilkada serentak ini dilaksanakan tidak jauh setelah pelaksanaan Pileg tahun 2024 dihelat, sehingga tolak ukur elektoral dari masing masing calon bisa terukur dari raihan suara calon maupun partainya.

Menurut dia, berdasarkan beberapa data Lembaga survey dan data media massa baik online maupun cetak, nama Hj Andi Kartini Ottong,SP.,M.Sp tampaknya semakin memantapkan pergerakan timnya dengan menyusun agenda-agenda strategis untuk memenangkan Pilkada Sinjai 2024 mendatang.

Terlebih, kata Elang Suganda, mantan Wakil Bupati Sinjai itu, telah mendapatkan kepastian atas rekomendasi dari DPP Partai Golkar sebagai sosok perempuan untuk maju di Pilkada Sinjai.

Dengan tidak menafikan calon-calon bupati lainnya, dia menilai sosok Andi Kartini memiliki elaktabilitas dan populeritas yang semakin menguat, seiring dengan adanya hasil survey dari salah satu lembaga survey yang mencapai di angka 92 persen.

Ditanya soal Partai Politik dalam menentukan tingkat popularitas dan elektabilitas calon, menurut Elang Suganda, diperlukan pertimbangan dari Partai Politik dalam mengusung calon yang akan melenggang pada arena pertarungan memperebutkan kursi kepemimpinan di Bumi Panrita Kitta ini, berdasarkan potensi, pengalaman dan integritas.

Menyinggung soal calon Bupati Sinjai lainnya, seperti Muzayyin Arief, H.Muh.Nasyit Umar, dan H.Badris, secara pribadi Elang Suganda menilai, yang paling bisa dianalisia dan dieksplorasi adalah potensi dan peluang masing-masing  calon Bupati Sinjai.

“Artinya, saya disini hanya sebatas  pendapat dan penilaian secara pribadi saja, tidak dalam posisi saya sebagai Ketua organisasi atau sebagai wartawan,” tandasnya.(pembelanews,com)