News  

Meningkatkan Dan Menggali SDM, Melalui Yayasan Kareba Insan Cita Desa Baru

Diresmikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Sinjai,Irwan Suaib.S.Stp.,M.Si

SINJAI,PEMBELANEWS.COM –.Yayasan Kareba Insan Cita yang dibentuk Pemerintah Desa (Pemdes) Baru,diresmikan Kepala Dinas Pendidikan Sinjai,Irwan Suaib,S.Stp.,M.Si, Kamis (25/07/2024) di aula Kantor Desa Baru,Kecamatan Sinjai Tengah,Kabupaten Sinjai.

Kepala Desa Baru, Muhlis,S.Pd.,MM dalam sambutannya antara lain menjelaskan, Yayasan ini yang bertujuan meningkatkan dan menggali sumber daya manusia untuk lebih meningkatkan potensi diri dan keterampilan bagi masyarakat Desa Baru.

Ditambahkan, ada beberapa program Yayasan Kareba Insan Cita diantaranya, Pusat Kegiatan Belajar Masyakarat (PKBM). Pojok Kerajinan, Pelatihan Kesenian, Rumah Qur’an,  dan Teknologi tepat guna (Rumah Produksi Pupuk Kompos Granular).

Dengan adanya media seperti ini,lanjutnya, kami dari pemerintah desa mengharapkan partisipasi masyakarat untuk kemajuan desa. “Insya Allah semua potensi desa akan kita akomodir melalui Kareba Insan Cita,” tandas Kepala Desa Baru Muhlis, S. Pd., MM.

Menyinggung soal PKBM, merupakan lembaga yang dibentuk oleh masyarakat untuk masyarakat yang bergerak dalam bidang pendidikan Non Formal. PKBM ini masih berada di bawah pengawasan dan bimbingan dari Dinas Pendidikan Nasional. Sebagai salah satu satuan pendidikan non formal,

Pada kesempatan yang sama,Kepala Dinas Pendidikan Sinjai, Irwan Suaib menyatakan apresiasinya dan siap mensupport full untuk kemajuan pendidikan di Kabupaten Sinjai khususnya.

“Kita mulai dari Desa Baru dan harapan kami semua desa bisa membuat PKBM untuk pengentasan buta aksara dan semua masyarakat bisa menikmati pendidikan tanpa melihat umur,” tandasnya seraya menambahkan, dengan adanya PKMB masyarakat bisa memiliki ijasah melalui Paket. Kuncinya. (Man/sumber:Tim Website/KIM Desa Baru)