P3M DesaSaotengnga, Gelar Urung Rembuk Soal Penataan Dan Ketertiban Di Pasar Manimpahoi

SINJAI,PEMBELANEWS.COM – Menindklajuti dalam mengatasi kesemrawutan penataan lapak para pedagang dan kemacetan arus lalulintas akibat perparkirann yang tidak beraturan di Pasar Manimpahoi, Pengurus Perhimpunan Pedagang Pasar Manimpahoi (P3M) Desa Saotengnga menggelar pertemuan urung rembuk bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Sinjai, Disperindag& ESDM Sinjai, Rabu (07/08/2024) pagi.

Urung rembuk yang bertempat di Kantor P3M Desa Saotengnga di kompleks Pasar Manimpahoi, Desa Saotengnga, Kecamatan Sinjai Tengah, kabupaten Sinjai itu, turut dihadiri Kepala Desa Saotengnga,Andi Mappima Noma,S.Pd didampingi Ketua Kelompok Informasi (KIM) Desa Saotengnga,Nurzaman Razaq.

Padaa kesempatan itu, pihak Dishub Sinjai yang diwakili Kepala Terminal dan Perparkiran Dishub Sinjai, Andi Syarifuddin yang didampingi beberapa staf meminta, kepada pihak Disperindag Sinjai untuk terlebih dahulu melakukan penataan lapak-lapak di dalam pasar.

“Terkait soal parkiran kendaraan dapat saja diatur dengan tertib, manakala penataan lapak dilakukan terlebih dahulu, terutama para penjual yang penjual di bahu jalan, sebisa mungkin di relokasi masuk ke dalam pasar,”tandas Syarifuddin.

Sementara itu, Kepala Pasar Disperindag & ESDM Sinjai, Ishak mengungkapkan, melalui Paguyuban P3M Desa Saotengnga yang telah mendapatkan Rekomendasi tertulis dari Kepala Disperinag Sinjai, diharapkan akan mejadi perpanjangan tangan untuk turut membantu Pemerintah Daerah dalam hal ini Disperindag & ESDM Sinjai khususnya terkait penataan lapak,dan pengatan  para pedagang,pengelolaan kebersihan serta penataan perparkiran.

“Dengan adanya Rekomendasi ini, Paguyuban P3M dapat menjadi mediator  antara Pemerintah Daerah, pedagang dan masyarakat sekitarnya,’tandasnya seraya menambahkan, dalam hal ini, phaknya akan turun bersama Paguyuban untuk melakukan peninjauan dan penataan lebih lanjut.

Dilain pihak, Kepala Desa Saotengnga turut memberi masukan terkait persoalan yang mengemuka selama ini, yang berharap agar Pagutuban yang telah mendapatkan Rekomendasi menjalankan fungsi dan kewenangannya, dengan tetap mengedepankan prevent dan persuasive, agar tidak menimbulkan gesekan.

“Saya harapkan agar persoalan parkir dan lapak disesuaikan dengan kondisi dan situasi pasar saat ini, dan senantiasa berkordinasi dengan baik dengan petugas Dishub Sinjai yang bertugas di area Pasar Manimpahoi,”harap Mappima Noma.

Turut hadir pada kesempatan itu, Ketua P3M Desa Saotengnga,Sirman.M.Sos yang memimpin urung rembuk itu, Bendahara P3M, Makmur,S.pd, Andi Mappaonang, Wakil Bendahara, Sekertaris Abd.Karim, Andi Waris Syuaib selakuKordinator Bidang Pengaduan serta Andi Mattaliu selaku Penasehat P3M Desa Saotengnga.(pblnews)