Pertama Di InTim, Pemkot Makassar Gunakan KKPD Untuk Belanja APBD

MAKASSAR,PEMBELANEWS.COM – Sebagai langkah mempercepat implementasi penggunaan kartu kredit dalam pelaksanaan belanja APBD Kota Makassar, Pemkot Makassar telah memulai penggunaan Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD),

Penggunaan KKPD ini, menjadikan Makassar sebagai salah satu kota pertama di Indonesia Timur yang menerapkan inovasi tersebut. Hal ini menurut Kepala BPKSD Makassar, Muh,Dakhlan, Jumat (19/04/2024), seiring dengan amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 79 Tahun 2022 dan Peraturan Wali Kota Makassar Nomor 41 Tahun 2023 Tentang Tata Cara Penggunaan Dan Penyelenggaraan Kartu Kredit Pemerintah Daerah Dalam Pelaksanaan APBD.

Menurut Dakhlan, penggunaan KKPD menjadi upaya untuk mewujudkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah melalui pembayaran secara non tunai dalam pelaksanaan APBD.

Hal ini juga menjadikan Pemkot Makassar sebagai pemerintah kota pertama di Indonesia Timur yang bertransaksi dengan KKPD, menegaskan komitmen dalam mewujudkan transparansi dan akuntabilitas.

“Jadi kami bersama dengan Bank Sulselbar dan Bank Mandiri difasilitasi oleh Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan mengupayakan percepatan implementasi penggunaan Kartu Kredit dalam pelaksanaan belanja APBD Kota Makassar,” ujar Muh Dakhlan,

Ditanya soal pemanfaatanKKPD berikutnya setelah BPKAD dan Seketerariat Daerah, menurut Dakhlan, selanjutnya akan menyusul secara bertahap diikuti oleh SKPD lainnya lingkup Pemkot  Makassar.

Sekedar diketahui, proses penerapan KKPD ini melibatkan berbagai kegiatan, termasuk fasilitasi penyusunan peraturan wali kota, penandatanganan perjanjian kerjasama dengan bank, dan pernyataan komitmen implementasi KKPD oleh seluruh kabupaten/kota se Sulawesi Selatan bersama Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Bank Indonesia, dan Bank Sulselbar.(Nurfitri)