RSUD Andi Makkasau Peraih Peringkat Pertama Capaian PAD Pemkot Parepare

PAREPARE,PEMBELANEWS.COM – Pemkot Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel), meraup pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp 54 miliar selama triwulan I periode Januari-Maret 2024. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau yang merupakan rumah sakit bertipe B yang terus menjadi garda terdepan dalam menyehatkan masyarakat Kota Parepare. merupakan perangkat daerah penyumbang pendapatan terbesar

Selain itu, RS Andi Makkasau juga menjadi OPD penyumbang PAD terbesar di Kota Parepare. Dimanakontribusi yang dicapai pada  triwulan 1 ini mencapai Rp 33,075 miliar.

Menurut Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Parepare Prasetyo Catur kepada media, Kamis (18/4/2024), target PAD kita di tahun 2024 ini sebesar Rp 203 miliar. Sementara capaian PAD khusus di triwulan 1 tahun ini terealisasi Rp 54 miliar.

Dia menjelaskan, PAD sebesar Rp 54 miliar di triwulan 1 tersebut merupakan capaian yang sangat positif dan melebihi target yang telah ditetapkan sebelumnya. Pemkot secara umum hanya menargetkan Rp 48,9 miliar untuk PAD di triwulan 1. “Alhamdulillah capaian Rp 54 miliar tersebut naik 112 persen dari target kita di triwulan 1 yakni Rp 48,9 miliar,” tandas Prasetyo.

Prasetyo menambahkan, RSUD Andi Makkasau menjadi kontributor utama dalam pencapaian dengan Rp 33,075 miliar dan melebihi target Rp 25,2 miliar.

Meski begitu, menurut Prasetyo, pihaknya juga melakukan upaya pembenahan untuk bisa meningkatkan capaian PAD antara lain dengan lebih intens dalam mereviu pendapatan dan strategi. Jika sebelumnya hanya dilakukan 3 bulan sekali, maka tahun ini dilakukan setiap bulan.(Sulaiman)