Opini  

Sambut HBA Ke-64,Momentum Kejaksaan Menjadi Garda Terdepan Dalam Menegakkan Hukum Dan Keadilan Di Indonesia

Editor:Nurzaman Razaq

MAKASSAR,PEMBELANEWS.COM – Hari Bhakti Adhiyaksa, merupakan hari peringatan berdirinya Kejaksaan Republik Indonesia.yang diperingati setiap tahun pada tanggal 22 Juli.. Dan tahun ini Hari Ulang Tahun (HUT) nya yang ke-64, dengan mengusung “Akselerasi Kejaksaan untuk mewujudkan penegakan hukum modern menuju Indonesia Emas 2045”

Mengutip dari situs resminya, Kejaksaan,adalah lembaga negara yang melaksanakan kekuasaan negara, khususnya di bidang penuntutan. Dan sebagai salah satu lembaga penegak hukum, tentunya dituntut untuk lebih berperan dalam menegakkan supremasi hukum, perlindungan kepentingan umum, penegakan hak asasi manusia, serta pemberantasan Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN).

Hal tersebut mengacu pada Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2021 perubahan atas Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2004 tentang Kejaksaan Republik Indonesia,

Selain itu, Kejaksaan RI juga mempunyai kewenangan lain berdasarkan UU secara merdeka, terlepas dari pengaruh kekuasaan pemerintah dan pengaruh kekuasaan lainnya. (Pasal 2 ayat 1 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2021).

Dengan diperingatinya Hari Bhakti Adhiyaksa tahun ini, merupakan momentum dimana diharapkan Kejaksaan terus menjaga muruahnya sebagai institusi penegak hukum yang dapat dipercaya publik dengan selalu memberikan kepastian maupun keadilan hukum.

Di usianya yang cukup dewasa, Kejaksaan harus terus melakukan evaluasi dan inovasi. Kejaksaan harus terus menjaga muruahnya sebagai penegak hukum yang dapat dipercaya publik melalui kerja nyata

.

Dengan tema yang diusung tersebut, memiliki makna mendalam dalam memperkuat komitmen untuk memajukan sistem hukum di Indonesia. memiliki makna mendalam dalam upaya bersama untuk membangun Indonesia yang lebih baik.

Dalam konteks visi “Indonesia Emas,” kejaksaan tidak hanya bertindak sebagai penegak hukum tradisional, tetapi juga sebagai agen perubahan menuju sistem hukum yang modern dan responsif terhadap kebutuhan zaman. Serta penegakan hukum yang modern dan berkeadilan.

Komponen pers Media Online Pembela News.com mengucapkan, Di usia yang ke-64 ini, semoga Kejaksaan semakin kokoh dalam mengemban amanah dan melindungi hak-hak masyarakat. Teruslah menjadi garda terdepan dalam menegakkan hukum dan keadilan di Indonesia.Selamat Hari Bhakti Adhyaksa!(pembelanews.com)