SANTUN Bertekad Majukan Sinjai Sepenuh Hati

Editor: Nurzaman Razaq

SINJAI,PEMBELANEWS.COM –  Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sinjai 2024, menjadi perhelatan politik mencari figur kandidat Calon Bupati (Cabup) dan Wakil Bupati (Cawabup) Sinjai untuk menjadikan Sinjai ke arah  yang lebih maju dan berkembang.

Salah satu kandidat pasangan calon (Paslon)  Cabup dan Cawabup Sinjai yang kini semakin  menerjang balantika politik Pikada Sinjai, yakni Hj Nusanti bersama Lukman H Arsal, bertagline SANTUN dengan nomor urut 3.

Dengan dukungan Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Bulan Bintang (PBB), SANTUN diyakini dapat memenangkan perhelatan Pilkada Sinjai atas dukungan dan simpati masyarakat di pelosok desa.

Sebagai pemerhati sosial kemasyarakatan dan berlatar belakang pengusaha, Hj.Nursanti dan Lukman H Arsal yang mantan Ketua DPRD Sinjai dan mantan Ketua Partai Nasdem Sinjai dan Ketua Gerindra Sinjai,bersama  mewakafkan diri untuk membangun tanah kelahiran, Bumi Panrita Kitta.

Kami terlahir  di Kecamatan Tellulimpoe ini,ungkap Hj Nursanti pada giat sosialisasinya di sejumlah pedesaan, beritikad akan bekerja sepenuh hati memajukan Kabupaten  Sinjai melalui momentum Pilkada Sinjai,.

Menuutnya, Pilkada Sinjai sebagai  ajang pertarungan ide dan gagasan untuk memajukan Sinjai ke arah yang lebih baik lagi, dengan melanjutkan keberhasilan pembangunan yang telah dicapai Bupati Sinjai sebelumnya dan menata yang masih kurang.

Dengan sepenuh hati, katanya menambahkan, kami tawarkan  kepada seluruh masyarakat Sinjai,untuk mengimplemntasi gagasan kami agar masyarakat bisa terpenuhi  hak hak dasar kebutuhannya seperti, pada sektor   pendidikan dan kesehatan, keagamaan, lapangan pekerjaan, pemberian bantuan untuk nelayan, petani dan peternak secara merata dan berkeadilan.

Pada sektor  pendidikan,jelasnya, kami punya program memberikan pembayaran gratis SPP  bagi mahasiswa kurang mampu dan Berprestasi dari S1,S2 dan program Doktor, agar mahasiwa yang selama ini tidak melanjutkan cita-citanya ke jengjang lebih tinggi, bisa terwujud dan Pemerintah hadir distu..

Mengenai soal anggarannya, kami bersama Tim telah melakukan kajian yang mendalam secara sistimatik dan terukur.

Kedua pada sektor kesehatan, kami dan tim sudah mengkaji akan menggratiskan BPJS di Sinjai, agar masyarakat tidak lagi terbebani iuran BPJSnya perbulannya, sehingga orang miskin tidak lagi takut sakit.

Ketiga, Program keagamaan patut mendapat perhatian serius, dimana kami akan menjadikan program keagamaan yang bertujuan untuk meningkatkan peran agama dalam masyarakat, dengan menfasilitasi pengembangan spritualitas, memperdalam pemahaman akan ajaran agama, dan mendorong praktik sesuai nilai-nilai agama, serta membantu pengembangan pondok pesantren dan tahfidzul Qur:an

Keempat, yang lebih penting pula membuka akses  lapangan pekerjaan khususnya bagi masyarakat pedesaan, agar tidak lagi meninggalkan daerahnya hanya untuk mencari pekerjaan di perantauan.

Gagasan dan pemikiran dalam menciptakan lapangan pekerjaan itu,jelas Hj Nursanti, adalah pertama, dengan mendorong pertubuhan UMKM yang akan menjadi sumber lapangan pekrjaan yang signiikan bagi masyarakat.

Kemudian meningkatkan investas, mengoptimalkan pelatihan kerja,meningaktan kemampuan kewirausahaan, dan mengembangkan industry  kreatif berbasis digital, serta mendorong pemerintah desa untuk menciptakan inovasi-inovasi terkait pemberdayaan dan pembinaan masyarakatnya,

Kelima,untuk meningkatkan peningkatan kesejahteraan petani,nelayan  dan peternak, diperlukan adanya bantuan opeasional kerjaagar menghasilkan produk yang berkualitas

Kemiskinan pada petani,nelayan dan peternak selama ini, jelas Nursanti,disebabkan oleh kemampuan modal yang lemah, terjadinya permainan harga jual produksi, dan terbatasnya daya serap industry pengelolaan produksi secara illegal, serta terbatasnya penguasaan pengetahuan dan tehnologi pengelolaan hasil pekerjaan.di masing-masing sektor,

“ Problematika itu, akan kami upayakan tidak aa lagi di Sinjai ketika kami terpilih dan pemenang di Pilkada Sinjai,”tandas Hj Nursanti optimis.

Memajukan Sinjai,ungkapnya, perlu energy baru dan hal ini adalah cita2 kami, tentunya hal ini bisa terwujud apabila semua komponen bekerja sama.mendukung SANTUN di Pilkada Sinjai 2024.

Bersama SANTUN sebagai salah satu kandidat di pilkada Sinjai, akan membawa Sinjai menjadi kabupaten tujuan di Sulsel. Pontensi SDA  Sinjai sangat komplit baik dari laut dan darat, seperti mengembangkan potensi perikanan, peternakan,perkebunan dan pertanian, yang hasilnya bisa diekspor ke luar Sinjai menambah pundi-pundi PAD, yang selama ini PAD Snjai dapat dibilang “jalan di tempat”.

Masih banyak program unggulan yang kami akan lakukan, apabila masyarakat sinjai memberikan amanah kepada kami dan Allah Swt meridohi langkah kami membangun sinjai.

Tentang majunya di perhelatan Pilkada Sinjai 2024 ini, menurut Lukman H Arsal, didasari  empat kunci yang dapat memajukan daerah.Sinja,yakni pembangunan infrastruktur, perubahan pola pikir, koneksi lewat digital network, dan SDM berkualitas

Menghadapi Pilkada Sinjai 2024 ini,  pasangan SANTUN telah membangun komunikasi politik dan publik di tengah kaum marjinal, terutama di internal tim pemenangannya yang tersusun  secara “silent” (senyap) merangkak menyelusup hingga ke pelosok perdesaan.(pembelanews.com )