Terbentuk ‘Komunitas Pelestari Lingkungan,Budaya dan Pariwisata’ Desa Saotengnga

SINJAI,PEMBELANEWS.COM – Terbentuknya organisasi Komunitas Pelestari Lingkungan, Budaya dan Pariwisata (K-PLBP) Desa Saotengnga, mendapat sambutan positif dari Kepala Desa Saotengnga, Andi Mappima Noma,S.Pd, Sabtu (04/08/2024).

K-PLBP Desa Saotengnga, terbentuk pada 28 Juli 2024 lalu dari beberapa orang dengan berbagai latarbelakang, namun memiliki minat dan kepedulian yang sama terhadap dunia lingkungan, budaya dan kepariwisataan.

Dengan visi berupaya melestarikan lingkungan dan budaya serta dunia kepariwisataan, K-PLBP Desa Saotengnga yang diketuai Andi Mappaonang, mengemban misi  (1). akan memberi masukan mengenai tata kelola pengembangan kepariwisataan, budaya dan pelestarian lingkungan hidup,yang menjadi satu kesatuan yang terpisahkan untuk dikembangkan.(2).Membantu Pemerintah dalam hal berkontrobusi positif terhadap upaya Pemerintah dalam mengembangkan potensi Desa Saotengnga khususnya ketersediaan lingkungan yang asri untuk pengembangan distinasi budaya dan kepariiwisataan, (3). Berupaya membantu pemerintah  desa meningkatkan ekonomi kerakyatan dan membuka usaha lapangan pekerjaan.

Di balik visi dan misi itu, jelas Abd.Karim selaku Humas K-PLBP Desa Saotengnga,ada tujuan yang ingin dicapai yakni, Menjadi mitra Pemerintah Desa Saotengnga untuk memajukan pengembangan distinasi kepariwisataan, budaya dan lingkungan hidup, melalui  berbagai program kegiatan yang berkaitan dengann peningkatan ekonomi kerakyatan. Serta membangun kesadaran dan kepedulian masyarakat bahwa dunia kepariwisataan, budaya dan pelestarian lingkungan hidup, adalah program Pemerintah yang mampu menghasilkan pundi-pundi PAD dan devisa.

Susunan Badan Pendiri dan Pengurus Harian.

Berdasarkan Surat keputusan Badan Pendiri No.01/A/BP/SK/PH-K-PLBP/ST/07/2024, tanggal 30 Juli 2024 tentang Pembentukan Pengurus Harian K-PLBP Desa Saotengnga yang ditanda tangani Andi Mattaliu dan Nurzaman Razaq masing- masing sebagai Ketua dan Sekertaris Badan Pendiri K-PLBP Desa Saotengnga sebagai berikut;

Pembina: Kepala Desa Saotengnga dan Ketua BPD Saotengnga, Penasehat: H.Zakaria,S.Pd,.MM, Muh.Kaswin,SKM, Abd.Hakim. Pengurus Harian: Ketua Umum,Andi Mappaonang,Wakil Ketua I, Sirman,M, S.Sos, Wakil Ketua II,Makmur,S.Pd, Sekertaris Umum,Tri Silawati,S.Pd, Wakil Sekertaris,Andi Fajrul, Bendahaara Umum, Ridwan.T, Wakil Bendahara, Ica Trisnawati,SP.

Departemen- Departemen : Litbang, Budaya/Lingkungan Hidup: (Kordinator), Khaerul, Anggota: Mappigau,Bahri,Andi Wahyuni,Muhtar.

    Litbang  Kepariwisataan: (Kordinator) Andi Mattaliu, Anggota: Muhammad Tahir Dode,Andi Rian,Mappaita.Anfan Ardiyanto. Publikasi Dan Kehumasan: (Kordinator),Nurzaman Razaq, Anggota:Abd.Karim, Andi Wari Syuaib, Baharuddin.D,Yusdar, Abd.Rasyid. (Pembelanews.com)