TMMD Ke-121 Di Kabupaten Sinjai,Wujudkan Pembangunan Merata Dan Berkesinambungan

Penulis:Nurzaman Razaq

SINJAI,PEMBELANEWS.COM –Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Kabupaten Sinja resmi dibuka, Rabu (24/07/2024) di Desa Arabika, Kecamatan Sinjai Barat,Kabupaten Sinjai.

Kegiatan TMMD, merupakan  rangkaian pengabdian Tentara Nasonal Indonesia (TNI) kepada masyarakat, dalam rangka memberikan kontribusi sasaran kerja TNI dalam  peningkatan sarana dan prasarana.

Kehadiran TMMD di Desa Arabika, patut mendapat apresiasi positif bagi masyarakat untuk turut ikut berperan aktif mendukung program TMMD guna mewujudkan pembangunan yang merata, seimbang dan berkesinambungan.

Program TMMD merupakan program terpadu dan lintas sektoral, merupakan bentuk kepedulian TNI membantu pemerintah daerah dalam turut serta membangun dan meningkatkan kesjahteraan masyarakat dengan memotivasi dan menumbuhkembangkan ksadaran semangat dan gotong royong antara TNI dan seluruh komponen masyarakat.

Pada bagian lain,TMMD mempunyai peran yang strategis, yakni dapat membangkitkan kembali nilai-nilai luhur bangsa dengan semangat kebangsaan. percaya diri masyarakat. Agar mampu mengelola potensi yang dimiliki serta kesiapsiagaan dalam menghadapi ancaman atau tantangan yang sedang maupun yang akan dihadapi. Dengan begitu, diharapkan lahir kembali cinta tanah air dan memperat persatuan dan kesatuan bangsa..

Dalam hal ini, yang diharapkan dari program TMDD di Kabupaten Sinjai, adalah bagaimana meningkatkan pemberdayaan masyarakat dalam turut serta membangun daerah, yang pada akhirnya sasaran yang ingin dicapai dari program TMMD ini dapat dirasakan oleh masyarakat sehingga dapat memperkuat dan mengembankan potensi masyarakat itu senndiri.

.Program TMMD ke-121 yang dipusatkan di Desa Arabika yang dimulai tanggal 24 Juli sampai 22 Agustus 2024 mendatang, dilaksanakan oleh Kodam XIV Hasanuddin melalui Kodim 1424 Sinjai di bawah komando Letkol Arm Dian Akhmad Arifandi,patut disambut dengan dukungan penuh oleh seluruh komponen masyarakat dan Pemerintah Kecamatan Sinjai Barat pada khususnya

Mengingat dampaknya sangat besar dan punya banyak manfaat.bagi kesinambungan pembangunan di Kabupaten Sinjai yang kini dinahkodai TR Fahsul Falah selaku Penjabat Bupati Sinjai.

Program Kegiatan TMMD.

Sasaran kerja programTMMD ke-121 itu, selain di Desa Arabika juga di Desa Botolempangan, Kecamatan Sinjai Barat, dengan sasaran fisik yang akan dikerjakan, yakni pelebaran jalan desa sepanjang 2.600 meter dengan lebar 6 meter. Kemudian, pembuatan 1 unit jembatan kecil (deker), dan pembuatan saluran gandeng.

Selain itu, di TMMD nantinya akan dibuat 3 unit sumur bor, penanaman 500 pohon, pembersihan pasar, pembangunan 1 unit Rumah Tinggal Layak Huni (RTLH), dan bakti sosial pemberian puluhan paket sembako untuk anak stunting.

Selamat bekerja dengan penuh semangat pengabdian Tentaraku, semoga persembahan kerja-kerja kemanusiaan dan sosial kemasyakatan bermanfaat bagi Masyarakat Kabupaten Sinjai. Bravo TNI-ku (pembelanews.com)