Wajo,Salah Satu Daerah Yang Berkomitmen Pada Pelayanan Kesehatan Gratis Integrasi Ke JKN

Semasa menjabat Bupati Wajo, H.Amran Mahmud menerima penghargaan dari Pemprov Sulsel sebagai Pemerintah daerah Yang berkomitemen dalam pelayanan kesehatan gratis interasi ke Program JKN, 17/11/2023 lalu (foto dok)

Kepala Bappanda Wajo Tepis Soal Tunggakan Iuran BPJS Kesehatan

WAJO,PEMBELANEWS.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo dalam mendukung optimalisasi program  Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) merupakan program Pemerintah yang bertujuan untuk memberikan kepastian jaminan kesehatan yang menyeluruh bagi setiap masyarajat Wajo agar mendapat hidup sehat, produktif, dan sejahtera.

Menanggapi pemberitaan yang beredar di media, terkait dugaan tunggakan iuran BPJS Kesehattan di Kabupaten Wajo, Kepala Badan Pengelolaan dan Pendapatan Daerah (Bappenda) Kabupaten Wajo, H. Dahlan, memastikan bahwa isu tersebut tidak benar, Senin (21/10/2024).

Menurut H. Dahlan, tunggakan yang diberitakan tersebut sudah dianggarkan  dan sudah dibayarkan sesuai jadwal. Pemerintah Kabupaten Wajo tidak memiliki tunggakan terkait iuran BPJS.

Dia menambahkan, pembayaran iuran BPJS telah menjadi prioritas dalam program pemerintah daerah. “Kami sangat serius dalam hal pelayanan kesehatan masyarakat, termasuk dalam hal pembayaran BPJS. Setiap anggaran sudah diperhitungkan dan dialokasikan dengan baik,” tandas H.Dahlan.

Oleh karena itu, H. Dahlan meminta masyarakat tidak mudah terpengaruh oleh pemberitaan yang tidak akurat. “Kami berharap masyarakat bisa tenang dan tidak termakan isu. Kami berkomitmen untuk selalu memberikan yang terbaik, terutama dalam hal pelayanan kesehatan,” katanya.

Tim Pemerintah Kabupaten Wajo saat ini sementara melakukan klarifikasi terkait informasi yang salah ini, dan memastikan bahwa proses pembayaran BPJS terus berjalan lancar tanpa ada kendala yang berarti.

Wajo Terima Penghargaan Bidang Kesehatan

Sekedar diketahui, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo di tahun 2022 memborong sejumlah penghargaan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) pada momentum peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-58 tahun 2022. HKN tingkat Sulsel digelar di rumah jabatan Gubernur Sulsel, Kota Makassar, Kamis (17/11/2022).

Wajo mendapat penghargaan karena dinilai sebagai salah satu daerah yang berkomitmen dalam pembiayaan kesehatan gratis integrasi ke program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) menuju Sulsel Universal Health Coverage (UHC). Penghargaan diserahkan langsung Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, dan diterima Bupati Wajo, Amran Mahmud.

Termasuk Wajo, untuk kategori ini, hanya 10 kabupaten/kota di Sulsel yang mendapatkan penghargaan, yakni Kabupaten Kepulauan Selayar, Bantaeng, Enrekang, Sinjai, Luwu Timur, Pangkep, Barru, Tana Toraja, dan Kota Palopo.(abrar)