Hukum  

Waka Polres Sinjai Berikan Arahan,Optimalisasi Pelakanaan Tugas Bhabimkantibmas

SINJAI,PEMBELANEWS.COM – Dalam mengoptimalkan pelaksanaan tugas para bhabinkamtibmas persiapan menghadapi Pilkada serentak 2024, Kapolres Sinjai yang diwakili Wakapolres Sinjai Kompol Tamar, S.Sos memberikan arahan kepada Bhabinkamtibmas. Selasa pagi (30/7/2024).

Kegiatan dihadiri oleh Kasat Binmas Polres Sinjai Iptu Nuhung, para Kapolsek, Kanit Binmas Polsek, dan seluruh Bhabinkamtibmas sebanyak 39 orang.

Dalam kegiatan, Wakapolres Sinjai menyampaikan terkait kepekaan para Kapolsek dan Bhabinkamtibmas atas apa yang menjadi atensi pimpin dalam hal ini Kapolres Sinjai terkait upaya upaya yang dilaksanakan untuk mencegah potensi gangguan kamtibmas menjelang pilkada serentak.

“Agar para Kapolsek dan Bhabinkamtibmas harus memperhatikan apa yang menjadi atensi pimpinan seperti

kehadiran ditengah tengah masyarakat untuk memberikan pesan pesan Kamtibmas ajak masyarakat menciptakan Pilkada damai. ujarnya.

“Kehadiran ditengah masyarakat sekaligus memberikan himbauan sangat diharapkan baik melalui sholat berjamaah seperti sholat subuh ataupun kegiatan lain ditengah masyarakat, gunakan kesempatan untuk memberikan imbauan kamtibmas, dengan harapan pilkada serentak dikabupaten Sinjai berlangsung damai, aman kondusif. tuturnya.

Selain itu, Wakapolres Sinjai menjelaskan peran penting Bhabinkamtibmas sebagai ujung tombak Polri di tengah masyarakat. “Pengemban fungsi Bhabinkamtibmas harus memiliki kemampuan yang mumpuni untuk memecahkan berbagai masalah yang muncul di masyarakat,” ungkapnya.

Ia juga menegaskan bahwa Bhabinkamtibmas juga diminta untuk menguasai fungsi intelijen guna mendeteksi dini potensi gangguan kamtibmas serta melaksanakan tugas kepolisian yang kompleks. Melalui kegiatan sambang yang rutin, diharapkan Bhabinkamtibmas dapat memahami dengan baik situasi dan perkembangan kamtibmas di wilayah binaannya.

Wakapolres Sinjai menekankan pentingnya respon cepat dari Bhabinkamtibmas ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. “Dengan seringnya melakukan sambang, maka anggota Bhabinkamtibmas akan segera mengetahui situasi dan perkembangan Kamtibmas di wilayah binaannya. Sehingga dapat segera bergerak cepat di kala ada hal-hal yang tidak diinginkan,” tegasnya

Para Bhabinkamtibmas diharapkan dapat memahami arahan tersebut dan mengimplementasikannya dalam tugas sehari-hari mereka, sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan Polri kepada masyarakat.

“Dengan arahan yang disampaikan oleh Wakapolres Sinjai, diharapkan Bhabinkamtibmas dapat lebih efektif dalam menjalankan tugasnya sebagai mitra masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban,” ujarnya.

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Polres Sinjai untuk terus meningkatkan profesionalisme dan kualitas pelayanan kepada masyarakat. .(Rls/Man)