Review  

Dear Diary, Di Usiaku Yang Ke 63

Nurzaman Razaq (foto ist)

MAKASSAR,PEMBELANEWS.COM – Saya mau menceritakan semua yang terjadi hari ini di media yang saya pimpin,Pembela News.com, supaya setiap momen spesial di hari ini bisa Saya baca dan Saya kenang di kemudian hari. 

Hari ini,diawali dengan sebuah secangkir kopi hangat tanpa suguhan gula pasir sembari sebatang rokok yang dihisap dengan kepulan asam membumbung ke langit-langit rumah.Tiba-tiba Saya teringat, hari ini, Rabu,tanggal 16 Oktober, adalah hari ulang tahunku! Saya langsung tersenyum gembira dan  mengucapkan syukur Alhamdulillah sambil membayangkan hadiah apa yang akan kudapat hari ini.

Dengan penuh semangat, Saya  pun memutuskan untuk mandi dulu. Setelah merasa lebih segar, Saya mengecek ponsel/hpku. Dan waow, padahal masih jam 7 pagi, tapi beberapa temanku sudah mengucapkan selamat ulang tahun lewat whatsapp/wa. dan fb.

Tidak hanya se kampusku, tapi teman temanku dulu di Pondok Pesantren IMMIM, seangkatanku tahun 1982 dan adik yuniorku, teman di organisasi Ikatan Alumni Pesantren IMMIM, teman sejawat di organisasi kemahasiswaan  serta sejawat ketika menjadi Pengurus PWI Sulsel di Makassar, dan bahkan beberapa kolega pejabat ada yang mengucapkan selamat ulang tahun pagi-pagi! Duh, perasaan aneh apa ini? Rasanya senang, bangga, bingung, semua bercampur aduk. Buat semua yang ngirim ucapan, kalau kalian lagi baca ini, makasii yaa!! ♡

Saya kira istriku bakalan lupa mengucapin selamat ulang tahun kepadaku, “happy birthday” papa sayangku, begitu ucapan lembutnya.Semoga sehat selalu dan bahagia bersama keluarga, tak lama kemudian, berurutan ucapan selamat ulang tahun dari anak-anakku

Tak terasa, di usia ke-63 saat ini, pergumulan kehidupan keseharian di dunia profesi  jurnalis sudah terlewatkan 40 tahun. Tak ada aktifitas lain selain jurnalis dunia Saya dalam menafkahi ke-5 anak-anakku hingga kini. dan 2 anak Saya sudah punya pekerjaan tetap di Makassar dan satunya putri sulung telah memberikan cucu-cucu yang cantik dan gagah.

Menurut saya hari ulang tahun bisa dipakai sebagai momen pengingat untuk melakukan refleksi diri tentang perjalanan hidup kita, apa saja yang telah dilakukan, diraih, apa yang belum, apa suka dan duka dalam mengarungi kehidupan ini.

Di balik peristiwa ulang tahun terkandung pesan bahwa usia hidup bertambah, tetapi pada saat yang sama kesempatan hidup berkurang mulai hitungan detik, menit, jam, hari, bulan, hingga tahun.

Bertambahnya usia juga mengandung makna bahwa tanggung jawab terhadap hidup semakin besar. Karena itu, hari kelahiran bisa dipakai sebagai titik balik untuk menata ulang kehidupan. Yang bengkok-bengkok diluruskan, dan yang sudah lurus dilanjutkan.

Menggali makna ulang tahun berarti pula mengawali menata kehidupan yang lebih baik dari hari-hari sebelumnya. Sering kali rutinitas yang kita lakukan karena pekerjaan dan profesi kita,membuat kita lupa elemen-elemen penting dalam kehidupan, yaitu memaknai hidup itu sendiri. Hidup bukan untuk hidup, tetapi untuk menyiapkan kehidupan yang akan datang di alam baka.

Di usiaku ke-63 ini, Saya panjatkan doa Untuk Saya dan keluarga,

Dengan nama Allah yang menguasai diri, harta, dan agamaku. Tuhanku, kondisikan batinku agar rela menerima ketentuan-Mu. Berkatilah aku pada semua yang ditakdirkan untukku sehingga aku enggan menyegerakan apa yang kau tunda dan enggan menunda apa yang kau segerakan.”

Ya Allah lapangkanlah dadaku, mudahkanlah urusanku dan lancarkanlah lidahku, terampilkanlah jemariku, agar mereka memahami perkataanku dan tulisanku.

Ya Allah, kami memohon kepada-Mu keselamatan dalam agama, kesejahteraan pada tubuh, tambahan ilmu, dan keberkahan rezeki, keselamatan dan kebahagian untuk keluargaku, tobat sebelum meninggal dan rahmat di waktu meninggal dan ampunan setelah meninggal.”

Ya Allah panjangkanlah umur kami, sehatkanlah badan kami, terangilah hati kami, kuatkanlah hati kami, baikkanlah amal kami, luaskanlah rezeki kami, dekatkanlah kami dengan kebaikan dan jauhkan kami dengan kejahatan. Kabulkanlah semua kebutuhan kami dalam agama di dunia atau di akhirat. Sesungguhnya hanya Engkaulah Yang Maha Kuasa atas segala-galanya.,aamiin ya rabbal alamin.(pembelanews.com)