Memaknai Peringatan Hari Santri Nasional 2024

Editor:Nurzaman Razaq (Alumni Pesantren Modern IMMIM Tahun 1982)

Bertemakan,”Menyambung Juang Msrengkuh Mas Masa Depan”

MAKASSAR,PEMBELANEWS.COM – Setiap tanggal 22 Oktober, Indonesia memperingati Hari Santri  Nasional. Tahun 2024 ini, Hari Santri jatuh pada Selasa (22/10/2024) hari ini.

Peringatan Hari Santri kekinian menjadi simbol penghargaan dan juga refleksi atas perjuangan para santri dalam mempertahankan kemerdekaan dan membangun masa depan Indonesia.

Ternyata santri memiliki kontribusi luar biasa dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia. Karena itulah pantas jika ada peringatan khusus untuk santri di Indonesia. Yang dituangkan dalam Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2015 tentang Hari santri.

Terkait hal itu, pentingnya santri untuk bersikap mandiri dan inovatif, khususnya dalam bidang ekonomi berbasis pesantren. Serta`menjaga peran strategis pesantren dalam mencetak generasi yang berakhlak, kompeten, dan siap menghadapi tantangan zaman di berbagai bidang, baik di tingkat lokal maupun global.

Peringatan HSN berakar dari peran historis santri dan ulama dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia, terutama melalui Resolusi Jihad yang dikeluarkan oleh KH Hasyim Asy’ari pada 22 Oktober 1945. Resolusi ini menjadi tonggak penting dalam perlawanan terhadap penjajah, yang kini diperingati sebagai Hari Santri Nasional setiap tahunnya sejak 2015.

Harapannya, agar peringatan HSN tahun ini mampu meningkatkan kesadaran akan peran santri di masyarakat, serta memperkuat kolaborasi antara santri, masyarakat, dan pemerintah. Agar menjadi contoh bagi masyarakat dan santri di seluruh Indonesia, bahkan di dunia, dalam menjaga persatuan bangsa dan menghadapi tantangan zaman dengan semangat juang yang tinggi.  

Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan”, merupakan sebuah tema yang mengajak kita untuk merenungkan peran strategis santri dalam membangun masyarakat yang beradab, berbudaya, dan bermartabat. Santri bukan hanya sebagai pelajar ilmu agama, tetapi juga sebagai agen perubahan yang mampu memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan bangsa.(pembelanews.com)