SANTUN Dengan Energi Baru,Wujudkan Sinjai Unggul Dan Berdaya Saing

Editor:Nurzaman Razaq

SINJAI,PEMBELANEWS.COM –  Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sinjai 2024, menjadi perhelatan politik mencari figur  Calon Bupati (Cabup) Sinjai dan Wakil Bupati (Cawabup) Sinjai untuk menjadikan Sinjai ke arah  yang lebih maju dan berkembang.

Salah satu kandidat pasangan calon (Paslon)  Cabup Sinjai dan Cawabup Sinjai yang kini semakin  menerjang balantika politik Pikada Sinjai, yakni Hj Nusanti bersama Lukman H Arsal, bertagline SANTUN dengan nomor urut 3.

Dengan dukungan Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Bulan Bintang (PBB), SANTUN menggagas sebuah Visi menjadikan Sinjai Unggul dan Berdaya Saing Berbasis Pendidikan,Agama,Ekonomi, Kesehatan, Lingkungan dan Pariwisata.

Dengan Visi tersebut, SANTUN berupaya mewujudkan melalui 9 poin yang tertuang dalam MISI nya yakni, (1).Meningkatkan kualitas pendidikan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang beriman.kreatif,inovatif dan berdaya saing. (2). Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang akuntabel,transparan,professional dan berintegrasi dalam mendukung optimalisasi pelayanan publik.(3).Meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pariwisata dengan mendorong pertumbuhan industry kreatif, serta memperluas pemanfaatan potensi pariwisata, alam, seni budaya dan investasi pembangunan berkelanjutan.

Sementara yang (4),Mewujudkan masyarakat yang sehat nyaman dengan kesadaran dan kepedulian terhadap keberlanjutan lingkungan hidup.(5). Meningkatkan pertumbuhan sektor pertanian,perkebunan,perikanan, perdagangan,dengan memberikan dukungan terhadap pemberdayaan masyarakat.(6).Meningkagtkan dan mengembangkan pembangunan insfrastruktur yang tepat sasaran dan teoat guna.(7).Menciptakan suasana yang kondusif, aman, dan tentram dalam mendukung Penanaman Modal dan investasi. (8). Membangun hubungasn yang kolaboratif`dan partisipatif antara Pemerintah,Daerah, masyarakat dan  dengan pihak lain dalam pelaksanaan pembangunan daerah. Dan (9). UMKM naik kelas.

SANTUN menyakini, visi dan misi ini bisa terwujud, manakala ada kolaborasi dan sinergi dukungan masyarakat terhadap SANTUN di Pilkada 2024 ini.

Sebagai pemerhati sosial kemasyarakatan dan berlatar belakang pengusaha, Hj.Nursanti dan Lukman H Arsal yang mantan Ketua DPRD Sinjai dan mantan Ketua Partai Nasdem Sinjai dan Ketua Gerindra Sinjai ini,bersama  mewakafkan diri dengan didasari Energi Baru  melalui semangat membangun tanah kelahiran, Bumi Panrita Kitta.

Kami terlahir  di Kecamatan Tellulimpoe ini,ungkap Hj Nursanti pada giat sosialisasinya di sejumlah pedesaan, beritikad akan bekerja sepenuh hati memajukan Kabupaten  Sinjai melalui implementasi dari visi dan misi melalui 9 program unggulannya.

Pertama,Peningkatan dan fasilitasi kehidupan beragama.Kedua,Peningkatan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik.Ketiga,Penataaan wilayah kota.Keempat,Peningkatan kualitas layanan pendidikan dan SDM.Kelima,Peningkatan layanan kesehatan.Keenam,Mendorong meningkatkan produktifitas pertanian,perkebunan dan perikanan.Ketujuh, UMKM naik kela.Kedelapan,Pengembangan sektor pariwisata terpadu dan Kesembilan,Pengembangan bidang olahraga dan kepemudaan berkelanjutan.

Langkah Implementasi Program Unggulan.

Menurut Hj Nursanti, Pilkada Sinjai sebagai  ajang pertarungan ide dan gagasan untuk memajukan Sinjai ke arah yang lebih baik dan berdaya  saing lagi, dengan melanjutkan keberhasilan pembangunan yang telah dicapai Bupati Sinjai sebelumnya dan menata yang masih kurang.

Dengan sepenuh hati, katanya menambahkan, kami tawarkan  kepada seluruh masyarakat Sinjai,untuk mengimplemntasi gagasan kami agar kebutuhan hak dasar masyarakat bisa terpenuhi  sebagaimana yang tertuang dalam 9 program unggulan kami.

Dijelaskan, pada sektor  pendidikan, poin Keempat pada program unggulan misalnya, kamiberupayaadanya peningkatan kualitas layanan pendidikan dan SDM. “Kami punya program memberikan pembayaran gratis SPP  bagi mahasiswa kurang mampu dan Berprestasi dari S1,S2 dan program Doktor, agar mahasiwa yang selama ini tidak melanjutkan cita-citanya ke jenjang lebih tinggi, bisa terwujud dan Pemerintah hadir distu,”tandasnya.

Pada sektor kesehatan, kami dan tim sudah mengkaji akan menggratiskan BPJS di Sinjai, agar masyarakat tidak lagi terbebani iuran BPJS perbulannya, sehingga orang miskin tidak lagi takut sakit.

Program keagamaan patut mendapat perhatian serius, dimana kami akan menjadikan program keagamaan yang bertujuan untuk meningkatkan peran agama dalam masyarakat, dengan menfasilitasi pengembangan spritualitas, memperdalam pemahaman akan ajaran agama, dan mendorong praktik sesuai nilai-nilai agama, serta membantu pengembangan pondok pesantren dan tahfidzul Qur:an

Yang lebih penting pula, lanjutnya, membuka akses  lapangan pekerjaan khususnya bagi masyarakat pedesaan, agar tidak lagi meninggalkan daerahnya hanya untuk mencari pekerjaan di perantauan.

Gagasan dan pemikiran dalam menciptakan lapangan pekerjaan itu,jelas Hj Nursanti, adalah pertama, dengan mendorong pertubuhan UMKM yang akan menjadi sumber lapangan pekrjaan yang signiikan bagi masyarakat.Sehingga UMKM di Sinjai patut naik kelas.

Kemudian meningkatkan investasi, mengoptimalkan pelatihan kerja,meningaktan kemampuan kewirausahaan, dan mengembangkan industry  kreatif berbasis digital, serta mendorong pemerintah desa untuk menciptakan inovasi-inovasi terkait pemberdayaan dan pembinaan masyarakatnya,

Untuk meningkatkan  kesejahteraan petani,nelayan,dan  peternak, diperlukan adanya bantuan opeasional kerja agar menghasilkan produk yang berkualitas

Kemiskinan pada petani,nelayan dan peternak selama ini, jelas Nursanti,disebabkan oleh kemampuan modal yang lemah, terjadinya permainan harga jual produksi, dan terbatasnya daya serap industry pengelolaan produksi secara illegal, serta terbatasnya penguasaan pengetahuan dan tehnologi pengelolaan hasil pekerjaan.di masing-masing sektor,

“ Problematika itu, akan kami upayakan tidak aa lagi di Sinjai ketika kami terpilih dan pemenang di Pilkada Sinjai,”tandas Hj Nursanti optimis.

Memajukan Sinjai sebagai daerah yang berdaya saing, ungkapnya, perlu energy baru dan hal ini adalah cita2 kami, tentunya hal ini bisa terwujud apabila semua komponen bekerja sama.mendukung SANTUN di Pilkada Sinjai 2024 tanggal 27 November mendatang, dengan mencoblos nomor urut 3.(pembelanews.com)