BerakarMi Usung Visi Sinjai Mabbarakka

SINJAI,MEDIA CENTRE BERAKARMI – Pasangan BERAKARMI mengusung visi Sinjai Mabarakka. Secara etimologi, Mabarakka dapat ditinjau dari dua sumber yang saling berkaitan, yakni Bahasa Bugis dan Bahasa Arab.

Hal tersebut disampaikan Andi Kartini Ottong, saat berkunjung ke Desa Era Baru, Kecamatan Sinjai Barat, Selasa 3 September 2024 di Sinjai.

Menurutnya, Mabarakka dalam Bahasa Bugis berasal dari kata tunggal “Barakka”. Kata tersebut diserap dari Bahasa Arab yakni Al Barokah — Al Barkah, yang kemudian dipadankan dalam bahasa Indonesia dalam kata “Berkah”. Sehingga Barakka dalam Bahasa Bugis, Al Barokah dalam Bahasan Arab dan Berkah dalam Bahasa Indonesia merujuk pada makna yang serupa yakni kebaikan, diberkahi, direstui dan makna serupa.

Selain itu, Mabarakka adalah akronim dari Maju – Berdaya Saing – Religius – Berkelanjutan. Sinjai yang maju dalam pendidikan, kesehatan, dan layanan sosial, serta pengelolaan potensi daerah untuk meningkatkan pendapatan yang berkeadilan. Berdaya saing dimaknai sebagai tumbuhnya kekuatan pendidikan, kesehatan dan perekonomian Sinjai, sehingga menjadi daerah yang dipertimbangkan dalam kancah regional dan nasional.

Makna dari religius pada dasarnya ingin menegaskan bahwa Sinjai merupakan daerah yang mayoritas penduduknya adalah muslim yang taat namun toleran, daerah dengan pondok hafizh Qur’an yang kuat, baik secara kuantitas maupun kualitas.

Dan yang terakhir adalah Berkelanjutan, yang bermakna melanjutkan pengabdian kepada masyarakat dengan program-program yang pernah dijalankan, melakukan inovasi-inovasi atas program tersebut agar penerima manfaatnya semakin luas.

Berkelanjutan juga bermakna pembangunan yang akan dijalankan sangat memperhatikan daya dukung dan daya tampung lingkungan, agar kita semua terhindar dari bencana alam.(Tim)