Polri  

Dalam Rangka Persiapan Pam Pilkada Serentak,Kapolres Sinjai Pimpin Rakor Ops Mantap Praja

SINJAI,PEMBELANEWS.COM – Kepala Kepolisian Resor Sinjai, AKBP Harry Azhar Hasry, S.Ik., MH, memimpin Rapat Koordinasi dalam rangka Operasi Mantap Praja Tahun 2024. Acara tersebut berlangsung di Aula Pratama Satwika Mapolres Sinjai pada Selasa (6/8/2024) pagi.

Rakor ini dihadiri oleh berbagai unsur Forkopimda, Ketua KPUD Sinjai, Ketua Bawaslu, serta OPD Sinjai, pejabat utama Polres Sinjai, Kapolsek Jajaran, dan undangan lainnya. Tujuan utama rapat ini adalah untuk mempersiapkan pengamanan Kepala Daerah yang dijadwalkan berlangsung pada bulan November 2024.

Kapolres Sinjai menyampaikan pentingnya rapat koordinasi ini sebagai langkah awal dalam pemetaan potensi kerawanan yang mungkin terjadi selama tahapan Pilkada. “Rapat koordinasi ini penting untuk memetakan potensi kerawanan yang bisa saja terjadi pada berbagai tahapan Pilkada,” ujarnya.

Kapolres Sinjai juga menekankan kepada seluruh personel Polres Sinjai dan Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk menjaga netralitas. Hal ini penting agar institusi Polri tetap obyektif dan tidak terlibat dalam politik praktis selama Pilkada. “Saya berharap semua personel dapat menjaga kekompakan dan netralitas dalam pelaksanaan tugas. Ini akan memastikan keberhasilan Operasi Mantap Praja dan terciptanya situasi Kamtibmas yang kondusif,” tegas Kapolres.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Sinjai juga mengingatkan pentingnya sinergi antara pihak kepolisian dengan seluruh pemangku kepentingan lainnya, termasuk KPUD dan Bawaslu, untuk menciptakan lingkungan yang aman dan tertib selama proses Pilkada. “Kerjasama yang baik semua elemen terkait sangat penting untuk memastikan Pilkada berjalan lancar tanpa ada gangguan,” tambahnya.

Sementara, Pj Bupati Sinjai T.R. Fahsul Falah, S.Sos.,M.Si berpesan agar jajaran kepolisian dapat memaksimalkan persiapan demi mengawal jalannya Pilkada Serentak 2024 dengan aman, damai dan lancar.

Kepada seluruh instansi yang terlibat dalam menyukseskan Pilkada Serentak, Pj Bupati mengingatkan agar intens membangun koordinasi yang baik demi terwujudnya pesta demokrasi lima tahunan ini.

“Laksanakan tugas pokok dan fungsi masing-masing sesuai kewenangan yang dimiliki. Lakukan koordinasi melalui Operasi Mantap Praja. Kita ini pelayan masyarakat. Untuk Pilkada ini, Kita selaku aparatur akan mengawal dengan baik,” pesannya.

Pada forum rakor ini, Kabag Ops Polres Sinjai Kompol Sunyoto, memaparkan langkah-langkah atau pola pengamanan yang akan diterapkan Polres Sinjai dalam mengawal jalannya Pilkada.

Rakor ini diharapkan dapat menjadi landasan yang solid bagi persiapan pengamanan Pilkada yang akan datang. Dengan adanya kesiapan yang matang dan kerjasama yang baik antara semua pihak, diharapkan Pemilihan Kepala Daerah  dapat berlangsung dengan aman, tertib, dan demokratis.(Rls/Man)