Kenapa Harus Yang Lain (Edisi Kedua)

Orasi politik BerakarMi pada Deklrasi Paslon Bupati Sinjai dan Wakil Bupati Sinjai di halaman Kantor DPDII Partai Golkar, Kamis (29/08/2024) siang (foto ist)

Deklarasi Siap Menangkan Berakar-Mi, dihadiri ribuan pendukung, simpatisan dan relawan

SINJAI,PEMBELANEWS.COM – Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Sinjai, Andi Kartini – Muzakkir (BERAKAR-MI), menggelar deklarasi besar-besaran di Kantor DPD II Partai Golkar, Kelurahan Biringere, Kecamatan Sinjai Utara, Kamis (29/8/2024).siang

Deklarasi tersebut merupakan langkah penting sebelum keduanya secara resmi mendaftar ke Kantor KPU Sinjai untuk mengikuti Pilkada 2024.

Acara deklarasi berlangsung, dihadiri ribuan kader Golkar, pendukung, relawan, simpatisan, dan masyarakat antusias penuh semangat memadati halaman kantor yang berada di Jalan Abdul Latief, Kabupaten Sinjai.

Pada kesempatan deklarasi itu, Andi Kartini Ottong didampingi Muzakkir menggelorakan orasi politiknya, yang butuh perjuangan,kebersamaan dan komitmen yang luar biasa untuk sampai pada titik ini.

“ Alhamdulillah pasangan BERAKAR-MI telah mengantongi tiga rekomendasi partai, yakni Partai Golkar, Partai PKB dan Partai Gelora. Niat yang tulus untuk mengabdi pada daerah kita tercinta, agar menjadi rumah yang nyaman untuk semua kalangan dan menjadi kampung halaman yang kita banggakan, serta menjadi daerah yang diberkahi oleh Allah SWT menjadi simpul pengikat segala perbedaan,: ungkapnya dengan semangat.

Pasangan BERAKAR-MI, lanjutnya, merupakan gambaran kecil falsafah Sinjai sebagai Wanua Mappasseddi yang menjadi cikal bakal slogan Sinjai Bersatu. Jejak Sinjai sebagai Wanua Mappasseddi tersebut masih bisa kita lihat hari ini di situs sejarah Lamung Patu ri Topekkong. Spirit tersebut menjadi nilai dasar bersatunya Andi Kartini yang dari pegunungan dengan Pak Muzakkir yang dari pulau.

Andi Kartini menjelaskan, pasangan BERAKAR-MI mengusung visi Sinjai Mabarakka. Secara etimologi, Mabarakka dapat ditinjau dari dua sumber yang saling berkaitan, yakni Bahasa Bugis dan Bahasa Arab. Mabarakka dalam Bahasa Bugis berasal dari kata tunggal “Barakka”. Kata tersebut diserap dari Bahasa Arab yakni Al Barokah — Al Barkah, yang kemudian dipadankan dalam bahasa Indonesia dalam kata “Berkah”. Sehingga Barakka dalam Bahasa Bugis, Al Barokah dalam Bahasan Arab dan Berkah dalam Bahasa Indonesia merujuk pada makna yang serupa yakni kebaikan, diberkahi, direstui dan makna serupa.

Selain itu,lanjutnya, Mabarakka adalah akronim dari Maju – Berdaya Saing – Religius – Berkelanjutan. Sinjai yang maju dalam pendidikan, kesehatan, dan layanan sosial, serta pengelolaan potensi daerah untuk meningkatkan pendapatan yang berkeadilan. Berdaya saing dimaknai sebagai tumbuhnya kekuatan pendidikan, kesehatan dan perekonomian Sinjai, sehingga menjadi daerah yang dipertimbangkan dalam kancah regional dan nasional. Makna dari religius pada dasarnya ingin menegaskan bahwa Sinjai merupakan daerah yang mayoritas penduduknya adalah muslim yang taat namun toleran, daerah dengan pondok hafizh Qur’an yang kuat, baik secara kuantitas maupun kualitas.

Dan yang terakhir adalah, Berkelanjutan, yang bermakna melanjutkan pengabdian kepada masyarakat dengan program-program yang pernah dijalankan, melakukan inovasi-inovasi atas program tersebut agar penerima manfaatnya semakin luas. Berkelanjutan juga bermakna pembangunan yang akan dijalankan sangat memperhatikan daya dukung dan daya tampung lingkungan, agar kita semua terhindar dari bencana alam.

Menurut Andi Kartini, untuk mencapai visi tersebut maka yang perlu dilakukan adalah mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, dalam rangka mengakselerasi pelayanan publik yang prima.

“Kita perlu Memperkuat ekonomi kerakyatan dengan memperluas akses lapangan pekerjaan untuk mengurangi pengangguran dan kemiskinan. Kita perlu peningkatan kualitas sarana dan prasarana wilayah yang merata dan berkeadilan”,tandasnya.

Dijelaskan, penguatan perekonomian dan infrastruktur yang dijalankan dengan tetap memperhatikan tata kelola lingkungan yang lestari, memperhatikan kearifan lokal dan nilai-nilai keagamaan.

Melalui proses tersebut, tambahnya, diharapkan Sinjai dapat meningkatkan daya saingnya dengan daerah lain, melalui keseimbangan pembangunan infrastruktur dan peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Dia menegaskan, beberapa hal yang mendesak yang mesti menjadi perhatian pemerintah ke depan, adalah pemerataan infrastruktur jalan dan jembatan. “Insya Allah, jika Allah menakdirkan kami memimpin Sinjai, maka salah satu prioritas kami adalah perbaikan ruas jalan kabupaten sepanjang 300 Km dan pembangunan 20 jembatan sebagai penghubung strategis antar wilayah. Semua itu bisa kita jalankan tanpa harus membebani daerah dengan hutang,”tandasnya.

Memaksimalkan Program

BERAKARMI juga berkomitmen melanjutkan dan memaksimalkan program BPJS Plus dengan melakukan perluasan cakupan penerima manfaat. Selain itu, kami akan mendorong RSUD Sinjai sebagai pusat pelayanan pengobatan paripurna.

Di sektor pendidikan, kata Andi Kartini,  akan melanjutkan bantuan seragam sekolah dengan penambahan cakupan penerima manfaat, bukan hanya SD namun juga siswa baru SMP. Kami juga berkomitmen memfasilitasi beasiswa bagi masyarakat Sinjai yang menempuh pendidikan Sarjana, Magister dan Doktoral.

Satu hal yang juga penting untuk kita perhatikan adalah, jelasnya, keseimbangan peran antara desa dan kelurahan, sehingga kami akan memfasilitasi dana kelurahan untuk dikelola dalam pemberdayaan dan pelayanan masyarakat.

“Kami juga ingin menegaskan bahwa insentif Ketua RT dan RW perlu ditingkatkan, demikian juga dalam insentif keagamaan. Dan yang terpenting adalah menciptakan sistem birokrasi yang dapat memastikan agar setiap Tanggal 1 bulan berjalan, gaji ASN masuk ke rekening, sebab hal ini berdampak pada perputaran roda perekonomian daerah,” janji Andi Kartini.

Di sektor perkotaan, jelasnya, kita mesti segera merespon keluhan masyarakat terkait layanan air bersih, banjir dalam kota dan pengelolaan sampah. Selain itu, ruang-ruang terbuka hijau kita perlu direvitalisasi, dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas yang layak dan membuat betah sebagai tempat rekreasi di dalam kota.

Masih Perlu Dibenahi

Lebih jauh Andi Kartini menegaskan, masih banyak hal yang perlu kita benahi bersama di daerah kita tercinta ini. Nelayan membutuhkan kesediaan dan kemudahan mendapatkan solar, saudara kita di pulau memerlukan suplay air bersih dan fasilitas kesehatan yang baik, para petani membutuhkan kesediaan dan kemudahan mengakses pupuk bersubsidi  dan banyak lagi persoalan yang mesti kita pikirkan bersama jalan keluarnya.

Kami percaya bahwa potensi daerah ini sangatlah kaya, hanya saja kita perlu duduk bersama dalam forum multi stakeholder untuk memikirkan pemanfaatannya agar berguna bagi kesejahteraan masyarakat dan tentu berkontribusi terhadap PAD kita.

“Kita punya kawasan Mangrove Tongke Tongke, kita punya Tahura Abdul Latief yang sesungguhnya dapat kita kemas menjadi event wisata nasional dalam bentuk festival mangrove atau dalam bentuk event lainnya, tegasnya.

Kuncinya adalah, pemerintah tidak bisa menjalankan hal-hal tersebut tanpa melibatkan stakeholders yang berkompeten, sehingga bagi kami dalam pemerintahan ke depan mesti menjalankan prinsip-prinsip kolaborasi sehingga setiap pihak yang ahli pada bidangnya mendapatkan ruang berkontribusi dalam pembangunan daerah.

Dipenghujung sambutan deklarasinya, Andi Kartini,  menghimbau kepada seluruh keluarga, relawan, simpatisan BERAKARMI agar senantiasa menjaga ketertiban dan kedamaian. Proses elektoral ini hanya pesta sesaat, sedangkan hubungan persaudaraan kita bersifat selamanya.

Olehnya itu, perbedaan pilihan mesti disikapi dengan bijak, bahwa semua pasangan calon merupakan putra putri terbaik daerah kita tercinta ini maka sejatinya kita saling menghargai dan mengayomi seperti falsafah bugis, mali siparappe, mallilu sipakainge, rebba sipatokkong.

Partai Koalisi.

Pada acara deklarasi itu, segenap partai koalisi pengusung dan pendukung yang terdiri dari Partai Golkar, PKB, Gelora, dan Hanura turut hadir membersamai deklarasi tersebut.

Masing-masing Wakil Ketua DPD Partai Golkar A Sabir, Ketua DPC PKB Sinjai Andi Olivia Batari Sugi, Ketua DPD Partai Gelora Muhajir Jamaluddin menegaskan siap all out memenangkan pasangan Kartini-Muzakkir menjadi Bupati dan Wakil Bupati Sinjai.

Usai deklarasi, pasangan BERAKAR-MI, menuju kantor KPU Sinjai untuk mendaftarkan sebagai pasangan pada Pilkada Sinjai 2024.(Tim Media Centre BerakarMi)