Luhut Peringatkan Jajaran Kabinet untuk Tidak Berkhianat di Akhir Era Presiden Jokowi

Luhut Peringatkan Jajaran Kabinet untuk Tidak Berkhianat di Akhir Era Presiden Jokowi

Peringatan Menko Marves Menjelang Akhir Masa Jabatan Presiden Jokowi

JAKARTA, PEMBELANEWS.COM – Pada Rabu, 7 Agustus 2024, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan peringatan kepada jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju (KIM) untuk tidak mengkhianati kepercayaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjelang akhir masa jabatannya. Peringatan ini disampaikan dalam acara peresmian Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pabrik bahan anoda baterai lithium PT Indonesia BTR New Energy Material di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Peringatan untuk Menjaga Kredibilitas

Dalam sambutannya, Luhut menekankan pentingnya menjaga kredibilitas Presiden Jokowi dengan mematuhi aturan dan ketentuan yang telah ditetapkan. “Kita sebagai pembantu Presiden [Jokowi] harus mengawal aturan-aturan ini dengan baik. Kita harus jaga kredibilitas Bapak Presiden bahu membahu saling mengingatkan untuk tidak mengkhianati ketentuan atau kredibilitas yang sudah dibangun Bapak Presiden,” ujar Luhut.

Warisan Kebijakan Jokowi

Luhut juga menyoroti berbagai langkah kebijakan berani yang diambil oleh Jokowi, yang menurutnya akan menjadi warisan penting bagi bangsa Indonesia ke depan. Kebijakan-kebijakan tersebut, terutama terkait hilirisasi dan industrialisasi dalam negeri, diharapkan menjadi landasan bagi Indonesia untuk menjadi negara industri dan bukan hanya pengekspor bahan mentah.

“Saya sekali lagi rasa hormat kepada Bapak Presiden karena bapak telah memimpin kami tidak dari saya sendiri selama 10 tahun berada di bapak masih ada 2—3 bulan ke depan saya haqul yakin yang bapak sudah letakan ini akan menjadi landasan kita semua,” ungkap Luhut.

Sentimen Menjelang Akhir Masa Jabatan

Luhut mengaku merasa sentimental mengingat masa pemerintahan Jokowi yang akan segera berakhir dalam waktu tiga bulan ke depan. Ia juga mengucapkan selamat jalan kepada Presiden Ke-7 RI yang sebentar lagi akan mengakhiri masa jabatannya pada Oktober 2024. “Saya kalau bileh mungkin sentimentil, selamat jalan pak, bapak akan menjadi kenangan, walaupun masih 2–3 bulan pak Presiden, tetapi saya kira acara penting semacam ini buat saya pribadi sangat menyentuh,” tambahnya, seperti dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden.

Pengakuan terhadap Kepemimpinan Jokowi

Luhut memuji Presiden Jokowi atas kemampuannya mendorong Indonesia agar mampu bersaing dengan negara-negara lain. Menurutnya, keberanian Jokowi dalam kebijakan dan kepemimpinan merupakan warisan yang tidak mudah disamai oleh orang lain. “Bapak telah meninggalkan legacy, yang saya kira tidak mudah ini untuk [disamai] orang lain. Dan saya percaya Bapak Presiden, sepanjang waktu orang akan mengenang, bahwa Bapak telah meletakkan landasan negara ini menjadi negara industrialisasi. Tidak hanya pengekspor raw material,” tandas Luhut.