Masa Pengabdian Usai, Mahasiswa KKNT Unhas Gelombang 112 Gelar Ramah Tamah Di Desa Saotengnga

Berfoto bersama Kepala Desa Saotengnga, Andi Mappima Noma,SPd, dan Ibu Ksetua Tim PKK Desa Saotengnga, Sri Hasturi (foto dok)

SINJAI,PEMBELANEWS.COM – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Universitas Hasanuddin (Unhas) Gelombang 112 Tahun 2024 telah melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Saotengnga, Kecamatan Sinjai Tengah, Kabupaten Sinjai  selama 45 hari.

Mengingat masa pengabdian kepada masyarakat usai terlaksana, mereka yang berjumlah 9 orang dari berbagai fakultas dan jurusan itu, melakukan kegiatan malam pisah dan ramah tamah yang dipandu Nur Atifah usman selaku Mc, Jumat (16/08/2024) malam, bertempat di aula kantor Desa Saotengnga.

Hadir pada acara tersebut, Kepala Desa Saotengnga, Andi Mappima Noma,S.Pd, Ketua BPD Saotengnga, Andi Sudirman Waris, Sekertaris Desa Saotengnga,, Ahmad Nur, Ketua KIM Desa Saorengnga, Nurzaman Razaq, kepala dusun,RT/RW se Desa Saotengnga, Ketua Tim PKK Desa Saotengnga, Sri Hastuti Handayani, tokoh perempuan. Tokoh masyarakat, pemuda dan undangan lainnya.

Kepala Desa Saotengnga, Andi Mappima Noma,S.Pd dalam sambutan pelepasannya antara lain megingatkan, agar adik-adik setelah di kampus , tidaklah melupakan desa ini..

“Selaku pemerintah desa sangat mengapreasi dan berterima kasih kepada adik-adik sekalian yang telah turut membantu dalam upaya peningkatan sumber daya baik di sektor UMKM, pembangunan dan penyelenggaraan pemerintahan desa dan kemasyarakatan,” tandas Adi Mappima Noma.

Dia menambahkan, atas nama masyarakat dan pemerintah desa juga meminta maaf bilamana  terdapat kekhilafan dan kesalahan  serta kekurangan atas pelayanan selama di desa ini.

Hadirnya Mahasiswa KKN Unhas Makassar di desa ini, lanjut Adi Mappima Noma, sangat membantu pihak Pemerintah Desa Saotengnga untuk memberikan perubahan paradigma berpikir masyarakat dengan menampilkan beberapa program kerja terkhusus program kerja Sosialisasi UMKM, program

pengadaan fitur layanan adminitrasi desa berbasis website, pembuatan peta penyebaran potensi tanah longsor, edukasi budidaya maggot dan hasil peneltian laboratoriumnya hingga pemberian.label maggotnya,sosialisasi mitigasi bencana alam,pengembangan produk keripik pisang,hingga  pengadaan video profil Desa  Saotengnga

Sebelumnya, Kordinaor Desa Saotengnga, Lanjut Koordinator Abudzar Algifari (Mahasiswa Prodi Tehnik Geologi, Fak. Tehnik) memberikan ucapan, terima kasihnya atas penerimaan dan pelayanan pemerintah desa dan masyarakat, sehingga dapat menyelesaikan program kerja dengan baik dan tepat waktu.

Acara ramah tamah yang dibalut rasa haru dan sedih baik dari mahasiswa KKNT itu sendiri dan masyarakat, diwarnai dengan kesan dan pesan dari mahasiswa dan masyarakat, pembacaan puisi, tari-tarian, dan senam, serta  pemutaran video profil Desa Saotengnga berdurasi kurang lebih 10 menit dan video kegiatan mahasiswa KKNT Unhas.

Terimakasih teman-teman setia, atas segala ceritera dan diskusi yang tak terlupakan bersama, pisah ini bukan akhir, namun awal baru menapaki prestasi masa depan.

Dalam masa pengabdian kalian di Desa Saotengnga, telah banyak pengalaman berharga yang diraih dan tak terlupakan, Interaksi an hubungan yang terjalin antara kalian dengan masyarakat lokal, juga telah memberikan pengaruh yang positif dalam memperkaya pengalaman keilmuan.Selamat kembali ke haribaan kampus merah, raih cita-cita masa depan yang gemilang.(pblnews/Man)