Daerah  

Panitia Lomba Desa Ketahanan Pangan Tingkat Prov.Sulsel,Hari Ini Nilai Desa Arabika

SINJAI,PEMBELANEWS.COM – Tim penilai Lomba Desa Ketahanan Pangan tiba di Kabupaten Sinjai. Mereka akan menilai Desa Arabika sebagai wakil Kabupaten Sinjai pada Lomba Desa Ketahanan Pangan tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.

Rombongan disambut langsung Pj Bupati Sinjai, Andi Jefrianto Asapa di Rujab Bupati, Senin (07/10/2024).

Ketua Tim Lomba Desa Ketahanan Pangan, Kemal Redindo Syahrul menjelaskan, pihaknya akan melakukan penilaian di Desa Arabika Kecamatan Sinjai Barat selama sehari.

Adapun kategori penilaian yang akan dinilai, yakni ketersediaan, keterjangkauan, dan pemanfaatan ketahanan pangan.

“Hari ini kami bersama tim ketahanan pangan datang untuk menilai desa ketahanan pangan di Desa Arabika. Tim ini turun di berbagai daerah secara bersamaan. Jadi ada 3 kategori penilaian, bagaimana ketersediaan pangannya, keterjangkauannya, dan seperti apa pemanfaatannya,” jelasnya.

Sementara, Pj Bupati Sinjai Andi Jefrianto Asapa berharap, Desa Arabika mampu menjadi desa percontohan dalam menjaga ketahanan pangan di Kabupaten Sinjai.

Ia optimis, kategori yang dinilai akan terpenuhi di Desa Arabika.

Sehingga Andi Jefrianto berharap, Desa Arabika bisa menularkan keberhasilannya ke desa-desa lain.

“Lomba ini menjadi motivasi bagi desa, tujuannya adalah kita bisa mendorong desa menjadi mandiri dalam ketahanan pangan. Melalui Desa Arabika ini kita berharap menjadi pilot project di Kabupaten Sinjai. Mudah-mudahan indikator bisa dipenuhi dan bisa berimbas ke desa-desa lain,” harapnya. (Humas Kominfo)