Polri  

Polres Sinjai Gelar Pra Ops Mantap Praja 2024 Sebagai Kesiapsiagaan Jelang Pilkada

SINJAI,PEMBELANEWS.COM- Kepolisian Resor Sinjai menggelar Latihan Pra Operasi (Latpra Ops) Mantap Praja 2024 pada Rabu (14/8/2024).

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Parama Satwika Mapolres Sinjai dan dipimpin Kapolres Sinjai yang diwakili Wakapolres Sinjai Kompol Tamar, S.Sos dan dihadiri PJU Polres Sinjai, para Kapolsek, Perwira Staf dan seluruh personel yang terlibat operasi Mantap Praja sesuai Surat Perintah Kapolres Sinjai.

Latpra Ops Mantap Praja 2024 merupakan bagian dari upaya strategis Polri untuk mempersiapkan personel dalam menghadapi potensi gangguan keamanan dan ketertiban yang mungkin terjadi selama pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak yang akan datang.

Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan seluruh personel siap secara fisik dan mental dalam melaksanakan tugas pengamanan.

Kapolres Sinjai AKBP Harry Azhar, SH.,S.Ik.,MH melalui Waka Polres Sinjai Kompol Tamar, S.Sos dalam sambutannya saat membuka pelatihan, menekankan pentingnya kesiapan seluruh personel untuk menjaga keamanan selama Pilkada serentak.

“Selain itu ditekankan agar seluruh personel menjaga netralitas sebagai anggota Polri”. tegasnya.

“Dalam latihan ini, kita tidak hanya fokus pada aspek teknis, tetapi juga pada penguatan mental dan moral. Setiap personel harus siap menghadapi berbagai situasi dengan bijak dan profesional.” jelasnya.

Latpra Ops Mantap Praja 2024 menghadirkan berbagai materi pelatihan yang meliputi simulasi pengamanan, penanganan kerusuhan, serta penegakan hukum yang humanis. Para pemateri dari PJU Polres Sinjai memberikan wawasan dan teknik-teknik terbaru untuk meningkatkan kesiapan personel.

Materi pelatihan ini disampaikan oleh sejumlah pemateri berkompeten, termasuk Kabag Ops Kompol Sunyoto, S.Sos, Kasat Samapta AKP Iriawan Pribadi, Kasat Reskrim IPTU Andi Rahmatullah, S.Sos., SE., M.Si., MH, Kasat Lantas AKP Muhammad Arsyad, S.Sos, Kasat Binmas Iptu Nuhung, Kasat Intelkam yang diwakili oleh Kaur Bin Ops Intelkam Ipda Agus Santosa, serta Kasi Propam Iptu Suparman, S.Sos.

Latihan ini bertujuan untuk memastikan bahwa semua personel tidak hanya memahami teori, tetapi juga mampu mengaplikasikan ilmu yang diperoleh dalam praktik sehari-hari.

Penguatan dalam hal teknik pengamanan dan penanganan kerusuhan diharapkan dapat memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap Polri, serta menjaga situasi tetap kondusif selama pelaksanaan Pilkada.

Dengan adanya Latpra Ops Mantap Praja 2024, Polres Sinjai diharapkan dapat menghadapi berbagai tantangan dan ancaman dengan lebih siap dan profesional. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari komitmen Polres Sinjai untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat serta mendukung terlaksananya Pilkada 2024 dengan aman dan lancar.(Rls/Man)