Kenal Lebih Dekat Bersama Lukman.H.Arsal (1)

Lukman H.Arsal (foto dok)

SINJAI,PEMBELANEWS.COM –  Perhelatan politik di kancah Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sinjai 2024, telah digaungkan dengan tampilnya 4 (empat) pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Sinjai untuk periode 2024-2029.

Dari keempat paslon itu, satu diantaranya Drs;Lukman H Arsal,M.Si yang sebagai Calon Wakil Bupati Sinjai berpaket dengan Hj.Nursanti sebagai Calon Bupati Sinjai, bertagline SANTUN (Santi – Lukman), dengan urut 3.

Bagi sosok Lukman H Arsal, tidak asing lagi di tengah masyarakat Sinjai. Kurang lebih 30 tahun mencurahkan dedikasi dan loyalitasnya terhadap pembangunan daerah dan masyarakat di Sinjai.

Dedikasi dan loyalitasnya dimulai sebagai PNS, merangkak naiksebagai Kepala Pemerintahan Kecamatan hingga sebagai Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda ) Sinjai di era kepemimpinan Bupati Sinjai (Alm) Andi Rudiyanyo Asapa selama dua periode.

Karenaa dikenal sebagai sosok yang penuh dengan rekam jejak keberhasilan dan milestone yang merupakan  buah terwujudnya visi dan teori ke dalam realitas, dipercayakan sebagai Ketua DPRD Sinjai, hingga akhirnya mengundurkan diri lantaran ikut dalam perhetalatan ;politik Pilkada Sinjai 2024.

Dengan memiliki  tipe pemimpin yang cermat dan berpikir matang sebelum mengambil suatu keputusan, selama karirnya di birokrasi dan lembaga legislasi, Lukman H Arsal memiliki beberapa kelebihan, diantaranya, kapasitas: kecerdasan, kewaspadaan, kemampuan berbicara, kemampuan menilai, Tanggung Jawab, memiliki sosiabilitas tinggi, mampu bergaul, kooperatif atau suka bekerjasama, mudah menyesuaikan diri, punya rasa humor, serta mandiri, berinisiatif, tekun, ulet, percaya diri, agresif, dan punya hasrat.

Sebagai politi yang pernah memmpin Partai Nasdem Sinjai dan Partai Gerindra Sinjai, lukman H Arsal , memiliki selama beraktifias sebagai birokrat dan politisi yakni,;Siddiq (jujur) sehingga ia dapat dipercaya, Tabligh (penyampai) atau kemampuan berkomunikasi dan bernegosiasi;, Amanah (bertanggung jawab) dalam menjalankan tugasnya; dan Fathanah (cerdas) dalam membuat perencanaan, visi, misi, strategi dan mengimplementasikannya.

Di balik jiwa kepemimpinanny, Lukman H Arsal dikenal pula memiliki gaya kepemimpinan, Democratic Leadership yakni, suatau gaya kepemimpinan yang menitikberatkan kepada kemampuan untuk menciptakan moral dan kemampuan untuk menciptakan kepercayaan.

Tentang majunya di perhelatan Pilkada Sinjai 2024 ini, menurut Lukman H Arsal, didasari  empat kunci yang dapat memajukan daerah.Sinja,yakni pembangunan infrastruktur, perubahan pola pikir, koneksi lewat digital network, dan SDM berkualitas.

Menurutnya, seseorang harus bisa melepaskan kecenderungan yang melimitasi kapabilitas untuk co-create dan berinovasi. Hal itu, menurutnya juga dapat diaplikasikan dalam skala besar, yaitu di daerah.Sinjai.

untuk mempraktikkan keempat hal itu, lanjutnya, dirinya dulu berusaha untuk menyeimbangkan perekonomian. Maka dari itu, dibutuhkan upgrading SDM.

“Ini bukan kabupaten yang bisa bergantung sepenuhnya pada SDA. Jadi itulah mengapa perlu pengalihkan perhatian untuk benar-benar melakukan sesuatu yang lebih bernilai tambah yakni mengembangkan SDM dan pola berpikir.

Sinjai memiliki luas sekitar 1.300 km2 tapi dikelilingi oleh pegunungan. Tentunya, keadaan tersebut membuat kabupaten itu tidak cocok untuk gedung pencakar langit dan perputaran ekonomi yang biasa terjadi di sana.

Oleh karenanya, lanjutnya, memaksimalkan potensi manusia merupakan suatu hal yang vital. Selain itu, dibutuhkan pula sinergitas antara satu orang dengan lainnya.

Mengenai gagsan menjadikan desa sebagai salah satu langkah menuju kemajuan di Kabuaten Sinjai dengan berpaket bersama Hj.Nursanti,Lukman H Arsal menjelaskan, sebagaimana diketahui bahwa, pengembangan desa menjadi topik penting dalam pembangunan nasional.

Menuutnya, Desa adalah tempat tinggal bagi sebagian besar penduduk Sinjai dan menjadi sumber daya alam yang menghasilkan bahan pangan dan komoditas lainnya. Oleh karena itu, pengembangan desa diperlukan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat, peningkatan kesejahteraan, dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

Pengembangan desa dilakukan dengan cara meningkatkan infrastruktur, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, dan meningkatkan penguatan kelembagaan. Infrastruktur yang dibangun meliputi jalan, jembatan, irigasi, dan listrik. Kualitas sumber daya manusia dapat ditingkatkan melalui pendidikan, pelatihan, dan peningkatan keterampilan. Penguatan kelembagaan meliputi pembentukan kelompok tani, kelompok usaha, dan lembaga desa.

Dalam pengembangan desa, partisipasi masyarakat sangat penting. Partisipasi masyarakat akan memberikan dukungan terhadap program pembangunan desa yang dilakukan oleh pemerintah. Masyarakat harus terlibat dalam proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program pembangunan desa. Dengan begitu, program pembangunan desa dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien.

Sekedar diketahui Hj.Nursanti – Lukman H Arsal di Pilkada Sinjai ini maju dengan diusung oleh Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Bulan Bintang (PBB) – (pblnews/CeA)