Mahasiswa KKNT Unhas Gelombang 112,Usai Gelar Seminar Evaluasi Proker Di Desa Saotengnga

Kepala Desa Saotengnga,Andi Mappima Noma,S.Pd,didampimgi Ktua BPD Saotengnga,Andi Sudirman Waris, saat membuka secara resmi Seminar Evaluasi Proker Mahasiswa KKNT Unhas Gelombang 112, Rabu (14/08/2024) di aula Kantor Desa Saotengnga (foto ist)

SINJAI,PEMBELANEWS.COM – Sebagai bentuk kerja nyata dan pengabdiannya kepada masyarakat selama 45 hari di Desa Saotengnga, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik – Pengembangan Ekonomi Kreatif (KKNT-Pengkraf) Universita Hasanuddin (Unhas) Gelombang 112, usai menggela seminar evaluasi program kerja (Proker), Rabu (14/08/2024).

Seminar yang berlangsung di aula Kantor Desa Saotengnga,Kecamatan Sinjai Tengah itu, dihadiri Kepala Desa Saotengnga, Ketua BPD Saotengnga, Pendamping Desa/Kab,Anggota Tim PKK Desa Saotengnga,kepala dusun, pelaku UMKM, ketua-ketua lembaga desa, Mahasiswa UIN Alauddin Makassar serta undangan lainnya.

Kepala Desa Saotengnga, Andi Mappima Noma,S.Pd dalam sambutan pembukaannya antara lain mengatakan, semoga dengn program kerja yang dibuat oleh adik-adik mahasiswa KKN Unhas ini, bisa bermanfaat bagi masyarakat Desa Saotengnga.

“Saya apresiasi dengan program yang telah di hasilkan adik-adik Mahasiswa KKN Unhas, seperti edukasi terhadap pelaku UMKM, edukasi dan pendampingan pembuatan kripik pisang dan keterampilan anyaman bersama kelompok Dawis binaan Tim PKK Desa Saotengnga, kerjasamanya dengan pihak pengelola Bank Sampah dalam pendampingan dan pembuatan pupuk maggot,”ungkap Andi Mappima Noma.

Yang lebih membanggakan lagi,,lanjutnya, hasil penelitian maggot di Laboratorium Unhas dan menghasilkan adanya  pemberian label pada maggot itu sendiri.

Selaku pemerintah desa, kata Andi Mappima Noma, tentu mengucapkan terima kasih  kepada adik-adik mahasiswaKKN Unhas dan para warga yang telah saling mendukung dalam penjabaran program kerja, sehingga mudah-mudahan bermanfaat bagi adik-adik dan masyarakat Desa Saotengnga.

Pemaparan Hasil Kerja

Pada kesempatan itu, Nurul Fadilah Sari (Mahasiswa Proteksi tannaman,Pertanian) selaku MC memberi kesempatan kepada Presenter Muh.Agung Wahid (Mahasiswa Fakultas Mipa,Statistika) untuk memaparkan program kerja yang telah dihasilkan selama berada di Desa Saotengnga,

Diantara program kerja itu, program pengadaan Fitur Layanan Administrasi Desa Berbasis Website,Pembuatan Peta Penyebaran Potensi Tanah Longsor Desa Saotengnga,Edukasi Budidaya Maggot BSF (Black Soldier Fly), Sosialisasi Mitigasi Bencana Alam,Pengembangan Produk Keripik Pisang,Pengadaan Video Profil Desa Saotengnga,Pemanfaatan Limbah Ternak Menjadi Pupuk Kompos,Pembukuan Keuangan Sederhana Bagi Pelaku UMKM dan Pengujian dan Pemberian Label Pupuk Organik dari Maggot.

Sebelumnya, Kordes Abudzar Algifari (Mahasiswa Tehnik Geologi) menyampaikan laporannya terkait kerja-kerja nyata selama berada di Desa Saotengnga.

Pada kesempatan yang sama Muh.Agung Wahid (mahasiswa Statistika,Mipa) menggelar stimulasi pemanfaatan fitur layanan adminitrasi desa berbasis website dan dilanjutkan pemutaran videoprofil Desa Saotengnga berdurasi 8 menit..

Khusus hasil pembuatan video profil desa, sejumlah saran dan tanggapan dari tokoh masyarakat yang hadir pada kesempatan itu Dari saran dan tanggapan tersebut, akan dijadikan bahan masukan untuk ditindaklanjuti oleh Mahasiswa KKNT Unhas.

Pada sesi akhir seminar hasil evaluasi program dilakuan penyerahan cendramata dan buku Progres Program Kerja dari Mahasiswa KKNT Unhas kepada Pemerintah Desa Saotengnga yang diterima oleh Kepala Desa Saotengnga

Mereka Yang Kerja Nyata.

  1. Abudzar Algifari – Koordinator Desa/ Tehnik Geologi)
  2. Ayu Annisa – Sekretaris
  3. Yuliska – Bendahara/ Sosiologi)
  4. Nurul Fadilah Sari – Anggota (Logistik/Proteksi Tanaman,Pertanian)
  5. Muh. Agung W. – Anggota (Logistik/Statistika,Mipa)
  6. Nur Atifa Usman – Anggota (Publikasi & Dokumentasi/Illmu Komunikasi,Fisip)
  7. Nurjannah AM. – Anggota (Publikasi & Dokumentasi)
  8. Saryah Adilah Putri – Anggota (Hubungan Masyarakat/Managemen).
  9. Muhammad Akram – Anggota (Hubungan Masyarakat/Akuntansi) – (pblnews/Man)