Bisnis  

Rute Penerbangan Mamuju Ke Surabaya,Kini Dipersiapkan Pemprov.Sulbar

Pj Gubernur Sulbar,Bahtiar baharuddin (foto dok)

MAMUJU,PEMBELANEWS.COM – Pj.Gubernur Sulbar, Bahtiar Baharuddin, menggagas rute penerbangan dari Mamuju ke Surabaya. Hal itu dilakukan untuk membuka jalur konektivitas bisnis dari Sulbar ke Pulau Jawa, Jumat (20/09/2024).

Adanya rute penerbangan yang dimulai 2025 ini, jelasnya, sebagai upaya untuk mengoneksikan ekonomi Sulbar dengan Pulau Jawa. Apalagi, titik ekonomi Indonesia timur ada di Surabaya, sehingga ini harus menjadi peluang bagi daerah kita.

Terkait rencana ini, kata Bahtiar Baharuddin, tentu kami komunikasikan dengan DPRD Sulbar.Dimana selama ini jalur bisnis ke Pulau Jawa itu melalui Surabaya, baik dari Makassar (Sulawesi Selatan), Manado (Sulawesi Utara), dan Kota Palu (Sulawesi Tengah) maupun berbagai daerah di Pulau Sulawesi.

Bahtiar Baharuddin optimis,  jalur udara Mamuju ke Surabaya sudah terbuka nantinya, maka konektivitas Sulbar akan semakin meluas.” Ini adalah salah satu program prioritas saya sebagai Penjabat Gubernur Sulbar,” ujar Bahtiar.

Pj. Gubernur Sulbar itu menyampaikan bahwa pihaknya telah memerintahkan Dinas Perhubungan setempat untuk berdiskusi dengan pihak maskapai penerbangan terkait pembukaan rute penerbangan ke Pulau Jawa tersebut.

Dietahui sebelumnya, rute penerbangan selama ini di Mamuju ke Makassar, hanya tiga kali sepekan dengan armada pesawat Batik Air.
Sejak Agustus 2024, Batik Air menambah waktu pelayani penerbangan Mamuju ke Makassar empat kali sepekan, yakni setiap Minggu, Senin, Rabu, dan Jumat.

Sementara maskapai penerbangan Wings Air melayani penerbangan dari Mamuju ke Balikpapan tiga kali sepekan, yakni pada setiap Selasa, Kamis, dan Sabtu..(pblnews/ARM)



.