Polri  

Kapolda Sulsel Tegaskan Netralitas Polri dalam Pilkada Serentak 2024

Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan (Kapolda Sulsel) yang baru, Irjen Pol Yudhiawan

MAKASSAR, PEMBELANEWS.COM – Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan (Kapolda Sulsel) yang baru, Irjen Pol Yudhiawan, menegaskan bahwa seluruh jajaran Polda Sulsel akan bersikap netral dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 di Sulsel. Hal tersebut disampaikan dalam kegiatan Gelar Commander Wish yang dihadiri oleh para Pejabat Utama (PJU) Polda Sulsel dan Kapolres jajaran di Aula Mapolda Sulsel, Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Makassar, pada Kamis (3/10/2024).

Landasan Hukum Netralitas Polisi

Irjen Pol Yudhiawan, yang merupakan alumni Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1991, menegaskan bahwa sikap netral jajaran kepolisian didasari oleh landasan hukum yang kuat. “Saya pastikan teman-teman saya, anak buah saya netral karena ada landasan hukumnya,” ujar Yudhiawan.

Landasan hukum yang dimaksud adalah Undang-Undang (UU) Nomor 2 tahun 2022, Pasal 28 ayat 1 dan 2, yang mengatur bahwa setiap anggota polisi harus bersikap netral dan tidak terlibat dalam politik praktis. Selain itu, Yudhiawan juga merujuk pada Peraturan Kepolisian (Perpol) Nomor 7 tahun 2022 tentang kode etik profesi Polri, Pasal 4, yang menekankan bahwa polisi harus bersikap netral.

Pesan kepada Personel dan Paslon Pilkada

Aturan netralitas ini berlaku untuk seluruh anggota Polri, termasuk yang bertugas di Polda Sulsel dan jajarannya. Bahkan, Yudhiawan secara khusus mengingatkan para pasangan calon (paslon) untuk tidak memanfaatkan personel pengawalan Polri dalam politik praktis, yang berpotensi melanggar hukum seperti tindak pidana pemilu.

Para personel yang terlibat dalam pengawalan memiliki tugas utama menjaga keamanan paslon dan penyelenggara Pilkada, tanpa terlibat dalam upaya-upaya politik praktis. “Termasuk anggota saya yang sekarang bertugas di pengamanan para paslon. Saya titipkan mereka, jangan gunakan mereka untuk melakukan pelanggaran tindak pidana pemilu. Mereka saya tugaskan dalam rangka melindungi para paslon dari gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) atau gangguan lainnya,” tegas Yudhiawan, yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Sulawesi Utara.

Turun Langsung Pantau Pengamanan Pilkada

Dalam upaya menjaga netralitas dan keamanan Pilkada di Sulsel, Irjen Pol Yudhiawan menyatakan akan turun langsung ke lapangan untuk memeriksa kesiapan pengamanan. Dia juga meminta kerja sama seluruh masyarakat Sulsel untuk menciptakan Pilkada yang aman, nyaman, dan damai.

“Tentu saja berkat bantuan dari seluruh anggota masyarakat. Saya menitipkan diri saya kembali lagi ke Sulsel. Kurang lebih empat tahun saya meninggalkan Sulsel, dan sekarang bekerja di sini. Tanpa bantuan dari masyarakat, polisi tidak bisa bergerak sendiri,” ujar Yudhiawan, berharap dukungan penuh dari masyarakat dalam menjaga ketertiban selama Pilkada.

Dengan sikap tegas dan komitmen terhadap netralitas, Irjen Pol Yudhiawan berupaya memastikan bahwa kepolisian akan menjadi garda terdepan dalam menciptakan Pilkada 2024 di Sulawesi Selatan yang berjalan aman dan kondusif.